Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Baru Jepang Ganti Logo "Z" karena Dikaitkan dengan Invasi Rusia ke Ukraina

Kompas.com - 17/06/2022, 22:08 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Zipair, maskapai murah Jepang yang baru diluncurkan pada 2020, terpaksa mengganti logo huruf Z-nya karena dikaitkan dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Z kini menjadi simbol kontroversial di seluruh dunia, karena terlihat di tank-tank Rusia dan seragam militer dalam perang Ukraina.

Presiden Zipair Shingo Nishida pada Rabu (15/6/2022) mengatakan, perusahaannya mengganti logo untuk menghindari orang salah mengira bisnisnya mendukung perang Ukraina vs Rusia.

Baca juga: Ini Arti Simbol Z di Tank Rusia Saat Invasi ke Ukraina

"Beberapa orang mungkin merasa seperti itu ketika mereka melihatnya tanpa penjelasan apapun," katanya kepada wartawan, menurut Kyodo News dan media lokal lainnya yang dikutip AFP.

Logo baru Zipair yang kini berdesain geometris hijau, hitam dan putih, mulai Sabtu (18/6/2022) akan menggantikan "Z" hitam yang saat ini ada di sirip ekor pesawatnya, kata laporan itu.

Zipair, anak perusahaan Japan Airlines, menghubungkan Bandara Internasional Narita di dekat Tokyo dengan Bangkok, Seoul, Honolulu, Singapura, dan Los Angeles.

Baca juga: Misteri Babushka Z, Nenek yang Jadi Ikon Propaganda Rusia dalam Invasi ke Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com