Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Jurnalis Inggris Hilang di Amazon, Tewas Ditembak Senapan Berburu

Kompas.com - 19/06/2022, 15:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

ATALAIA DO NORTE, KOMPAS.com - Kabar terbaru dari kasus jurnalis Inggris hilang di Amazon, polisi Brasil pada Sabtu (18/6/2022) menyebutkan bahwa reporter bernama Dom Phillips tersebut dan pemandunya yaitu Bruno Pereira tewas ditembak.

Sehari setelah penyelidik mengidentifikasi jasad yang ditemukan terkubur di bagian terpencil Amazon adalah Dom Phillips, mereka mengatakan bahwa jasad kedua adalah pemandunya, ahli adat Bruno Pereira.

Pihak berwenang mengatakan, kedua pria itu adalah korban tembakan. Dom Phillips (57) terkena satu tembakan di dada, sedangkan Bruno Pereira (41) terkena tiga tembakan, yang satu di antaranya kepala. Mereka ditembak dengan amunisi yang biasanya digunakan untuk berburu.

Baca juga: Brasil Konfirmasi Temuan Jasad di Amazon adalah Jurnalis Inggris yang Hilang sejak 5 Juni

Bruno Pereira adalah pembela hak-hak pribumi yang vokal dan telah menerima beberapa ancaman pembunuhan.

Jurnalis Inggris hilang di Amazon beserta pemandunya pada 5 Juni di bagian terpencil hutan hujan itu yang penuh dengan penambangan ilegal, penangkapan ikan dan penebangan, serta perdagangan narkoba.

Berselang sepuluh hari kemudian, seorang tersangka membawa polisi ke sebuah tempat dekat kota Atalaia do Norte di negara bagian Amazonas, lokasi dia mengatakan telah menguburkan mayat. Tak lama setelah itu, saudara laki-laki tersangka juga ditahan.

Polisi pada Sabtu (18/6/2022) mengatakan, seorang tersangka tambahan dalam kasus jurnalis Inggris hilang di Amazon yang mereka identifikasi sebagai Jefferson da Silva Lima, juga dikenal sebagai Pelado da Dinha, menyerahkan diri di kantor polisi Atalaia do Norte.

Baca juga:

Komisaris Polisi Alex Perez Timoteo mengatakan kepada situs berita G1, bukti dan kesaksian yang dikumpulkan sejauh ini menunjukkan tersangka berada di TKP dan secara aktif berpartisipasi dalam dua pembunuhan tersebut.

Timoteo juga mengatakan kepada wartawan bahwa sangat mungkin akan ada penangkapan lebih lanjut dalam kasus jurnalis Inggris hilang di Amazon ini dalam beberapa hari mendatang.

"Kami akan mencoba memahami apakah ada kesepakatan sebelumnya (di antara para tersangka), jika mereka telah merencanakan situasi ini," katanya dikutip dari AFP, seraya menambahkan bahwa tersangka ketiga tidak terkait dengan dua bersaudara itu.

Polisi pada Jumat (17/6/2022) mengatakan, mereka yakin para pelaku bertindak sendiri, tanpa ada dalang atau organisasi kriminal di balik kasus jurnalis Inggris hilang di Amazon tersebut.

Baca juga: Jurnalis Inggris Hilang di Hutan Amazon, Tak Ada Jasad yang Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com