Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Resmi Akan Pasok Ukraina Sistem Roket M270, Sanggup Serang Target 80 Km

Kompas.com - 06/06/2022, 12:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com - Inggris secara resmi akan memasok Ukraina dengan sistem roket M270 yang dapat menyerang target hingga 80 km, dalam sebuah langkah yang dikoordinasikan dengan Amerika Serikat (AS) dalam menanggapi invasi Rusia.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan, dukungan Inggris untuk Ukraina akan berubah seiring dengan berkembangnya taktik Rusia, menjelaskan pemberian M270 multiple-launch systems.

"Sistem roket multiple-launch yang sangat andal ini akan memungkinkan teman-teman Ukraina kami untuk melindungi diri mereka dengan lebih baik terhadap penggunaan artileri jarak jauh yang brutal, yang telah digunakan pasukan (Presiden Rusia Vladimir) Putin tanpa pandang bulu untuk meratakan kota-kota," kata Wallace dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-102 Serangan Rusia ke Ukraina: Kyiv Kembali Diserang Rudal, Putin Peringatkan AS

Presiden AS Joe Biden sendiri pada pekan lalu mengatakan Washington akan memasok Ukraina dengan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142, atau HIMARS, setelah dirinya menerima jaminan dari Kyiv bahwa itu tidak akan digunakan untuk mencapai target di dalam wilayah Rusia.

Di sisi lain, Putin mengatakan pengiriman senjata itu "bukan hal baru", tetapi memperingatkan bahwa akan ada tanggapan jika AS sampai memasok amunisi jarak jauh untuk sistem HIMARS.

Departemen Pertahanan AS mengatakan, pihaknya memasok Ukraina empat sistem HIMARS M142 bersama dengan Sistem Roket Peluncuran Berganda Terpandu (Guided Multiple Launch Rocket System yang dikatakan memiliki jangkauan lebih dari 40 mil (64 km).

Inggris mengatakan, pasukan Ukraina akan dilatih tentang cara menggunakan peluncur roket baru di Inggris.

Inggris sebelumnya juag pernah mengumumkan bahwa mereka akan siap melatih personel Ukraina untuk menggunakan kendaraan lapis baja.

Baca juga: Rusia Bombardir Kyiv dengan Rudal, Diluncurkan dari Laut Kaspia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com