Kompas.com - 06/06/2022, 12:01 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan dan Amerika Serikat pada Senin (6/6/2022) menembakkan delapan rudal balistik sebagai tanggapan atas uji coba senjata Korea Utara sehari sebelumnya, kata militer Seoul.

Kepala Staf Gabungan mengatakan, kedua negara bersekutu itu meluncurkan rudal Ground-to-ground Army Tactical Missile System (ATACMS) ke sasaran di Laut Timur--juga dikenal sebagai Laut Jepang--pada pagi hari.

Rangkaian tembakan selama 10 menit itu terjadi sehari setelah Korea Utara meluncurkan delapan rudal balistik jarak pendek, menyusul latihan militer gabungan Korea Selatan-AS yang melibatkan kapal induk Amerika Serikat.

Baca juga: Korut Luncurkan 8 Rudal Usai AS-Korsel Gelar Latihan Perang

"Militer kami mengecam keras serangkaian provokasi rudal balistik Korea Utara dan dengan tegas mendesaknya untuk segera menghentikan tindakan yang meningkatkan ketegangan militer di semenanjung itu," tambah militer Seoul dikutip dari AFP.

Pyongyang melipatgandakan program senjatanya tahun ini, meskipun menghadapi sanksi ekonomi yang melumpuhkan. Para pejabat dan analis memperingatkan bahwa rezim Korut sedang bersiap melakukan uji coba nuklir baru.

Peluncuran rudal Korsel dan AS terbaru ini menandai unjuk kekuatan gabungan kedua sekutu di bawah Presiden baru Korea Selatan Yoon Suk-yeol, yang bersumpah untuk bersikap lebih keras terhadap provokasi Korea Utara.

Bulan lalu, Korsel dan AS melakukan peluncuran rudal gabungan setelah Korea Utara menembakkan tiga rudal balistik--termasuk yang diduga rudal balistik antarbenua (ICBM)--dalam langkah gabungan pertama mereka sejak 2017.

Baca juga: Korea Selatan: Korea Utara Tembakkan 3 Rudal Balistik ke Arah Laut Jepang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.