Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CDC Belum Yakin Penyebab Hepatitis Anak, Tetap Sarankan Jaga Kebersihan

Kompas.com - 07/05/2022, 11:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengeluarkan panduan baru untuk dokter tentang pengujian adenovirus pada anak-anak.

Ini karena penyebab di balik kasus hepatitis pediatrik baru-baru ini di seluruh dunia masih belum pasti.

Dilansir dari The Hill, selama konferensi pers pada Jumat (6/5/2022), Deputi Direktur CDC untuk Penyakit Menular Jay Butler membagikan pembaruan tentang kasus hepatitis yang telah ditemukan pada anak-anak di AS.

Baca juga: Adenovirus, Keluarga Virus yang Bisa Sebabkan Berbagai Penyakit

Menurut data terbaru, 109 anak di 25 negara bagian dan teritori telah ditemukan memiliki hepatitis karena penyebab yang tidak diketahui.

Sebanyak 90 persen anak-anak dirawat di rumah sakit, 14 harus menjalani transplantasi hati dan lima meninggal.

CDC tidak dapat menjelaskan di negara bagian mana kematian itu terjadi.

Sebanyak 25 negara bagian dan teritori AS yang telah melaporkan kasus di antaranya Alabama, Arizona, California, Colorado, Delaware, Florida, Georgia, Idaho, dan Wisconsin.

Baca juga: Penyebab Hepatitis Akut Misterius Anak Diduga Disebabkan Adenovirus, Virus Apa Itu?

Gejala hepatitis termasuk muntah, urine gelap, tinja berwarna terang, dan penyakit kuning, yang merupakan kulit yang menguning.

Pejabat CDC pada hari Jumat mengatakan, masih harus dilihat apakah virus Covid-19 terhubung dengan kasus hepatitis karena sebagian besar anak-anak diyakini tidak pernah terinfeksi virus corona.

Usia rata-rata untuk pasien adalah dua tahun, yang berarti sebagian besar tidak memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19, mengesampingkan kemungkinan bahwa kasus-kasus ini terkait dengan efek samping dari imunisasi virus corona.

Baca juga: AS Selidiki Kematian 5 Anak Terkait Hepatitis Misterius, Yakin Bukan karena Vaksin Covid-19

Seperti yang telah dinyatakan CDC sebelumnya, tidak ada anak yang diyakini memiliki kondisi yang mendasarinya.

Adenovirus telah ditemukan di beberapa kasus hepatitis, para pejabat terkemuka untuk menyelidiki kemungkinan hubungan antara peradangan hati yang dialami anak-anak dan virus.

Menurut Butler, lebih dari setengah dari 109 pasien di AS ditemukan memiliki adenovirus.

“Mengikuti masukan dan kolaborasi dengan laboratorium di seluruh negeri, CDC mengeluarkan panduan baru untuk dokter terkait dengan pengujian adenovirus, dan melaporkan kemungkinan kasus hepatitis pediatrik dengan penyebab yang tidak diketahui,” kata Butler.

Adenovirus biasanya tidak menyebabkan kerusakan pada hati. Gejala patogen yang biasa adalah seperti flu dan termasuk radang lambung dan paru-paru.

Baca juga: Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegah Hepatitis Akut pada Anak Menurut Dokter Singapura

Virus ini biasanya menyebar melalui mikrodroplet dari batuk dan bersin, tetapi juga dapat ditularkan ketika seseorang menyentuh permukaan dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka.

CDC menegaskan kembali bahwa mencuci tangan, menutupi batuk dan bersin, serta menghindari orang yang sakit adalah semua metode yang dapat membantu mencegah infeksi adenovirus, meskipun hubungannya dengan kasus hepatitis masih belum pasti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com