Adenovirus, Keluarga Virus yang Bisa Sebabkan Berbagai Penyakit

Kompas.com - 06/05/2022, 09:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Adenovirus adalah keluarga virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia, mulai dari flu biasa hingga infeksi saluran pencernaan.

Ada 88 jenis adenovirus yang diketahui dapat menginfeksi manusia.

Menurut laporan tahun 2019 dalam jurnal Scientific Reports, jenis-jenis adenovirus tersebut dikelompokkan menjadi tujuh spesies berbeda, yakni spesies A hingga G.

Mengenal Adenovirus

Dilansir dari Live Science, selain menginfeksi manusia, adenovirus juga menginfeksi berbagai hewan vertebrata, termasuk mamalia, burung, reptil, dan bahkan ikan.

Pada manusia, infeksi adenovirus paling sering menyebabkan gejala pernapasan ringan.

Baca juga: Penyebab Hepatitis Akut Misterius Anak Diduga Disebabkan Adenovirus, Virus Apa Itu?

Tetapi, menurut CDC, terkadang virus ini dapat menyebabkan penyakit parah pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang terganggu, penyakit pernapasan, atau penyakit jantung.

Konon, para ilmuwan telah menggunakan adenovirus yang dimodifikasi untuk membuat vaksin, seperti vaksin COVID-19.

Virus yang dimodifikasi ini tidak lagi dapat menginfeksi sel manusia, tetapi bertindak sebagai "kendaraan" bagi vaksin untuk masuk ke dalam tubuh.

Gejala infeksi adenovirus

Dilansir dari Healthline, infeksi adenovirus seringkali menyebabkan gejala pilek atau flu biasa, demam, dan sakit tenggorokan.

Adenovirus juga dapat menyebabkan mata merah atau konjungtivitis, peradangan di saluran udara paru-paru atau bronkitis akut, pneumonia, infeksi paru-paru, dan radang lambung atau usus, yang dikenal sebagai gastroenteritis akut.