Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

POPULER GLOBAL: Rusia Hancurkan Antonov Ukraina | Hari Kelima Invasi

Kompas.com - 01/03/2022, 05:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Berita Rusia hancurkan Antonov 225, pesawat terbesar di dunia milik Ukraina, memuncaki daftar artikel populer global kali ini.

Di bawahnya ada rangkuman hari keempat invasi Rusia ke Ukraina, dan pernyataan Presiden Volodymyr Zelensky bahwa 24 jam ke depan adalah periode krusial bagi negaranya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengeklaim militer negaranya telah menewaskan dan melukai 4.300 tentara Rusia serta menghancurkan 146 tank musuh.

Baca juga: Ukraina Menang di Kharkiv, Pasukan Rusia Disebut Belum Terima Makanan

Rangkuman artikel-artikel populer global sepanjang Senin (28/2/2022) hingga Selasa (1/3/2022) pagi dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. Rusia Hancurkan Antonov-225, Pesawat Terbesar di Dunia Milik Ukraina

Antonov A-225 lepas landas dari Perth, Australia, Selasa (17/5/2016) pagi.Avionale Antonov A-225 lepas landas dari Perth, Australia, Selasa (17/5/2016) pagi.
Rusia menghancurkan Antonov-225, pesawat terbesar di dunia milik Ukraina, dalam serangan di luar Kiev pada Minggu (27/2/2022), hari keempat invasi Rusia ke Ukraina.

Hancurnya pesawat kargo raksasa tersebut dikonfirmasi oleh kelompok produsen senjata Ukroboronprom Ukraina.

"Penjajah Rusia menghancurkan pesawat utama Ukraina, AN-225" di bandara Antonov di Gostomel dekat Kiev, kata mereka dikutip dari AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Bom Termobarik, Senjata Rusia Paling Mematikan yang Dibawa ke Ukraina

2. Rangkuman Hari Keempat Serangan Rusia ke Ukraina, Putin Perintahkan Pasukan Nuklir Siaga Tinggi, 352 Warga Sipil Tewas

Presiden Rusia Vladimir Putin saat berpidato di Kremlin, Moskwa, Senin (21/2/2022).AFP/ALEXEY NIKOLSKY Presiden Rusia Vladimir Putin saat berpidato di Kremlin, Moskwa, Senin (21/2/2022).
Invasi Rusia ke Ukraina telah berlangsung selama empat hari berturut-turut sejak Kamis (24/2/2022) hingga Minggu (27/2/2022).

Progres Rusia invasi Ukraina juga masih terjadi hingga kini. Sejumlah pertempuran merebutkan kota meletus, menimbulkan korban jiwa termasuk dari kalangan sipil.

Terbaru, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukan nuklirnya dalam siaga tinggi, membuat Barat makin khawatir.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Kerahkan Pasukan Besar-besaran Menuju Kiev, Panjang Konvoi Capai 5 Kilometer

3. Presiden Ukraina: 24 Jam ke Depan adalah Periode Krusial bagi Ukraina

Dalam foto dari Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan pidato kenegaraan melalui siaran langsung TV di Kiev, Ukraina, Selasa (22/2/2022). UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS OFFICE via AP PHOTO Dalam foto dari Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan pidato kenegaraan melalui siaran langsung TV di Kiev, Ukraina, Selasa (22/2/2022).
Presiden Volodymyr Zelensky yakin 24 jam ke depan adalah periode krusial bagi Ukraina, dalam panggilan telepon dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

“Presiden Zelensky mengatakan, dia yakin 24 jam ke depan adalah periode penting bagi Ukraina,” kata juru bicara Downing Street sebagaimana dikutip dari Sky News pada Senin (28/2/2022).

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Putin Disebut Ingin Invasi Rusia di Ukraina Selesai dengan Kemenangan pada 2 Maret

4. Ukraina Klaim Tewaskan dan Lukai 4.300 Tentara Rusia, Hancurkan 146 Tank

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba saat konferensi pers virtual tentang perkembangan invasi Rusia pada hari keempat, Minggu (27/2/2022).FACEBOOK KEMENTERIAN LUAR NEGERI UKRAINA Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba saat konferensi pers virtual tentang perkembangan invasi Rusia pada hari keempat, Minggu (27/2/2022).
Ukraina mengeklaim menewaskan dan melukai 4.300 tentara Rusia serta menghancurkan ratusan kendaraan militer Moskwa, menurut Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba, Minggu (27/2/2022).

Kuleba dalam konferensi pers virtual mengungkap jumlah kerugian pasukan invasi Rusia di Ukraina sampai hari keempat perang yang dimulai sejak Kamis (24/2/2022).

"Menurut data terbaru Kementerian Pertahanan Ukraina, kerugian Rusia secara keseluruhan dalam tiga setengah hari ini pada angka-angka berikut," kata Kuleba.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Akan Serang Permukiman Kiev, Minta Warga Sipil Ukraina Segera Pergi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com