Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membedah Alasan di Balik Anjloknya Harga Bitcoin

Kompas.com - 28/01/2022, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KOMPAS.com - Harga cryptocurrency Bitcoin (BTC) secara umum telah menurun sejak November 2021.

Tapi penurunan tajam harganya terjadi minggu ini. Kemungkinan dipicu oleh rumor pada Jumat (21/1/2022) terkait dengan peraturan aset digital AS.

Dilansir Investopedia, harga Bitcoin pada Selasa (25/1/2022), hampir 50 persen di bawah level tertinggi sejak November 2021.

Baca juga: Harga Aset Kripto Bitcoin Dkk Terus Turun, Apakah Masuk Fase Crypto Winter Seperti 2018?

Rumor tentang strategi pemerintah AS yang akan datang untuk mengatur aset digital mungkin telah memicu aksi jual saat ini.

Pengetatan ikat pinggang secara bertahap Federal Reserve AS juga dapat berkontribusi pada penurunan harga Bitcoin.

Harga Bitcoin kemungkinan akan semakin berkorelasi dengan harga aset lainnya.

Sumber tak dikenal dalam pemerintahan Joe Biden mengatakan pekan lalu bahwa pemerintah sedang mengembangkan strategi untuk mengatasi tantangan ekonomi, peraturan, dan keamanan nasional yang ditimbulkan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Pemerintah dilaporkan juga memeriksa peluang yang diciptakan kebangkitan aset digital, dengan strategi pemerintahan Biden yang berpotensi dipublikasikan segera pada Februari tahun ini.

Baca juga: Harga Bitcoin Anjlok Lagi, Sentuh Titik Terendah Dalam 6 Bulan Terakhir

Kemungkinan laporan dari administrasi ini, meskipun disambut oleh mereka yang percaya bahwa Bitcoin dapat memperoleh manfaat dari kepastian peraturan yang lebih besar, telah memicu beberapa pedagang untuk menjual kepemilikan Bitcoin mereka.

Penurunan harga Bitcoin dari lebih dari 68.000 dollar AS, ke level saat ini, setara dengan kehilangan hampir setengah nilainya.

Harga Bitcoin juga dipengaruhi perubahan kebijakan Federal Reserve AS. Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada bulan Desember tahun lalu bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan menggandakan tingkat bulanan yang mengurangi pembelian aset.

Langkah-langkah yang diberlakukan oleh The Fed yang dirancang untuk mengendalikan inflasi memiliki dampak negatif pada harga Bitcoin.

Nilai aset berisiko seperti Bitcoin, cenderung menurun setelah Federal Reserve membuat perubahan kebijakan menjadi lebih konservatif secara fiskal.

Baca juga: Terus Merosot, Harga Bitcoin Sudah Turun Hampir 50 Persen dari Level Tertinggi

Secara lebih luas, seiring dengan semakin matangnya Bitcoin dan semakin diadopsi secara luas, harga Bitcoin semakin berkorelasi dengan harga aset tradisional seperti saham.

Korelasi yang berkembang ini berarti bahwa setiap peristiwa yang memicu penurunan harga di pasar tradisional kemungkinan besar akan memicu penurunan harga yang sama atau lebih besar untuk Bitcoin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com