Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang di Chile Beri Vaksin Covid-19 Dosis Kedua untuk Harimau dan Orang Utan

Kompas.com - 04/01/2022, 11:02 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

SANTIAGO, KOMPAS.com - Harimau Bengal bernama Charly dan orang utan Kalimantan bernama Sandai yang menempati Kebun Binatang Buin, di pinggiran ibu kota Chile, Santiago, diberi suntikan vaksin Covid-19.

Charly, Sandai, dan delapan hewan lainnya di Kebun Binatang Buin dipilih untuk kampanye pemberian vaksin Covid-19 eksperimental karena mereka termasuk spesies yang dianggap berisiko tinggi tertular virus corona.

Seperti diketahui, Covid-19 yang telah membunuh lebih dari 5,4 juta manusia sejauh ini, juga sudah ditemukan pada hewan.

Baca juga: Sedang Bersih-bersih Kandang, Staf Taman Safari di Chili Dibunuh Harimau

Covid-19 di antaranya sudah ditemukan pada monyet, kera, harimau, rusa, cerpelai, dan sejumlah hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Bersama dengan tiga singa, dua harimau lainnya, dan tiga puma, Charly dan Sandai pada Senin (3/1/2022) telah diberikan vaksin Covid-19 eksperimental dosis kedua yang dikembangkan khusus untuk hewan, tetapi belum tersedia untuk dijual.

Mereka menerima suntikan pertama pada 13 Desember 2021.

"Idenya adalah untuk melindungi hewan yang paling rentan tertular virus corona saat menguji apakah vaksin menghasilkan kekebalan dan, jika ya, berapa lama itu bertahan," kata Sebastian Celis, kepala departemen kedokteran hewan Kebun Binatang Buin sebagaimana diberitakan Kantor Berita AFP, Selasa (4/1/2022).

Singa di Singapura, Zagreb dan Washington, kuda nil di Belgia, harimau Sumatera di Indonesia dan gorila di Atlanta, Georgia, termasuk di antara hewan penangkaran yang dilaporkan telah tertular virus hingga saat ini.

Kebun Binatang Buin belum menguji hewannya untuk virus corona karena tidak ada yang menunjukkan gejala.

Baca juga: Pimpin Ibadah di Gereja Evangelis Chili, Uskup Ini Tewas karena Covid-19

Beberapa kebun binatang AS memang telah mengumumkan kampanye vaksinasi untuk populasi hewan mereka.

Hampir 90 persen populasi manusia Chile di atas usia tiga tahun telah divaksinasi lengkap hingga saat ini, dan 62 persen telah menerima suntikan booster.

Chile menjadi satu-satunya negara di Amerika Latin yang mulai memvaksinasi hewan di kebun binatang.

Seekor harimau Bengal bernama Charly menerima dosis eksperimental vaksin Covid-19 yang dibuat oleh laboratorium veteriner Zoetis, di Kebun Binatang Buin di Buin, Chili, Senin (3/1/2022). JAVIER TORRES Seekor harimau Bengal bernama Charly menerima dosis eksperimental vaksin Covid-19 yang dibuat oleh laboratorium veteriner Zoetis, di Kebun Binatang Buin di Buin, Chili, Senin (3/1/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com