Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Kebun Binatang Filipina Stres dan Kurang Gizi, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 17/12/2021, 19:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Kucing besar yang dirantai dan terperangkap di kandang kecil yang kotor di Filipina, menunjukkan tanda-tanda stres

Dilansir Independent, kucing besar yang digunakan sebagai alat peraga untuk selfie turis, ditemukan dirantai dan kekurangan gizi.

Selain itu, monyet serta hewan lainnya hidup dalam kondisi yang tidak manusiawi di lima kebun binatang populer Filipina, kata para penyelidik.

Baca juga: Kebun Binatang Manusia: Eksploitasi Eksotisme nan Menyedihkan

Hewan-hewan tersebut, bersama dengan orangutan, beruang, dan ular sanca, dikatakan menderita di kandang yang “kotor dan tandus”.

Rekaman video menunjukkan bahwa mereka menunjukkan tanda-tanda tekanan psikologis yang parah.

Makhluk-makhluk itu termasuk di antara lebih dari 100 hewan dipelihara dalam kondisi yang oleh seorang ilmuwan digambarkan sebagai "benar-benar mengerikan".

Ilmuwan menyebut mereka alami "penyalahgunaan yang jelas dan nyata".

Baca juga: Sepasang Gorila Melakukan Seks Oral, Pengunjung Kebun Binatang Terkaget-kaget

Kepala kebun binatang mengatakan hewan telah mati dan menderita karena penurunan pariwisata yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Pihaknya telah meluncurkan kampanye penggalangan dana, tetapi mengakui pekerjaan untuk memperbaiki kondisi itu berjalan lambat.

Pariwisata internasional adalah industri besar di Filipina, menyumbang sekitar 12,7 persen ekonominya, dengan sebagian besar turis bepergian dari dalam Asia.

Munculnya platform media sosial dan mode untuk mengambil foto narsis sebelumnya dianggap meningkatkan penyalahgunaan hewan di seluruh dunia.

Baca juga: Lihat Pengunjung Berkelahi, Hewan di Kebun Binatang China Ikut-ikutan Baku Hantam

Penyelidik dari organisasi hak-hak binatang Lady Freethinker yang melakukan penyelidikan rahasia awal tahun ini, mengatakan mereka menemukan pengabaian dan kekejaman yang "mengerikan" di kebun binatang Filipina.

Mereka mengeluarkan permohonan kepada kepala kebun binatang untuk meningkatkan perawatan hewan.

Mereka juga mengimbau pengunjung menghentikan selfie dengan hewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com