Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NFT dan Komputer Pendiri Wikipiedia Laku Terjual Rp 14 Miliar

Kompas.com - 23/12/2021, 13:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebuah NFT (Non-Fungible Token) yang mengenang editan pertama pendiri Wikipedia Jimmy Wales 20 tahun lalu, dan komputer yang dia gunakan saat memprogram platform tersebut, terjual dengan total hampir 1 juta dollar AS (Rp 14,2 miliar) pada lelang hari Rabu (15/12/2021).

Rumah lelang Christie's menjual NFT (obyek digital dengan kepemilikan melalui teknologi blockchain) seharga 750.000 dollar AS (Rp 10,68 miliar) dan iMac Strawberry seharga 187.500 dollar AS (Rp 2,67 miliar).

NFT-nya adalah gambar layar pertama Wikipedia ketika Wales mengunggah kata-kata perdana, "Hello world."

Baca juga: Spesimen Batu Emas Terbesar di Dunia, King Henry, Laku Rp 42,6 Miliar

Strawberry iMac adalah komputer pribadi yang digunakan untuk pengembangan dan penelitian pada saat peluncuran situs web pada 15 Januari 2001, kata Christie's dikutip dari AFP.

NFT, disajikan dalam format JPEG, bersifat interaktif dan pembeli dapat mengedit halaman, "yang dapat diatur ulang dengan pengatur waktu untuk kembali ke keadaan semula," menurut Christie's.

Sebagian dari hasil penjualan akan membantu mendanai proyek WT.Social Wales, jaringan media sosial yang menggunakan model bebas iklan.

Sebagai bentuk seni baru untuk beberapa kolektor dan investor, NFT menjadi bahan pokok rumah lelang dan pasar seni.

Sebuah NFT dari kode sumber World Wide Web terjual pada Juli seharga 5,4 juta dollar AS (Rp 76,9 miliar) di Sotheby's, sedangkan karya serba digital dari seniman Amerika Beeple laku 69,3 juta dollar AS (Rp 987 miliar) pada Maret di Christie's, menjadi rekor NFT.

Juga pada Jumat, Christie's mengumumkan lelang rompi antipeluru yang dikenakan oleh megabintang rap Kanye West saat pesta perilisan album 2021-nya, Donda.

Baca juga: Guru Matematika Mengajar di Pornhub, Videonya Laku Keras Raup Rp 3,8 Miliar Setahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com