Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Aktif Covid-19 Turun Drastis, Warga India Diminta Tetap Pakai Masker

Kompas.com - 13/12/2021, 18:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

NEW DELHI, KOMPAS.com – Pemerintah India melaporkan temuan kasus aktif Covid-19 terendah dalam 18 bulan terakhir pada Senin (13/12/2021).

Sayangnya, hal ini diikuti dengan penurunan kesadaran warganya dalam menggunakan masker.

Kondisi ini pun menimbulkan kekhawatiran oleh sejumlah pihak setelah ditemukan peningkatan jumlah infeksi virus corona varian Omicron.

Baca juga: Menolak Disuntik Vaksin, Pria India Memanjat Pohon sampai Satu Jam

Mengutip Reuters, Senin, banyak warga India telah berdiri atau duduk berdekatan satu sama lain tanpa masker.

Beberapa di antaranya memakai masker tapi hanya sampai menutupi dagu.

Kondisi ini tercermin juga dalam pelaksaan rapat umum besar yang diadakan oleh partai politik di beberapa negara bagian sebelum pemilihan.

Minimnya kesadaran warga untuk menerapkan tindakan protokol kesehatan (prokes) ini dilaporkan hampir serupa dengan yang terjadi sebelum varian Delta menghancurkan India mulai April.

Kementerian Kesehatan India mencatat kasus Covid-19 telah turun tajam sejak itu, dengan total 91.556 kasus aktif Covid-19 per Senin ini. Angka ini disebut sebagai yang terendah dalam 561 hari terakhir.

Tetapi, kasus Covid-19 varian Omicron telah meningkat menjadi setidaknya 36 kasus di India atau menyumbang 3 persen dari urutan virus corona yang dianalisis di negara itu dalam dua minggu terakhir,

Otoritas kesehatan India telah mendesak warganya untuk selalu menutup mulut mereka dengan masker di depan umum.

Baca juga: Helikopter Militer Membawa Jenderal Bintang Empat India Jatuh

"Grafik penurunan penggunaan masker dapat merugikan kita," kata pejabat tinggi kesehatan India, Vinod Kumar Paul dalam jumpa pers baru-baru ini.

Dia menyatakan, masker adalah ‘vaksin’ universal, bekerja pada setiap varian.

Menurut data dari Institute of Health Metrics and Evaluation, penggunaan masker di tempat umum di India telah turun ke tingkat yang terakhir terlihat pada Maret 2021, sebelum gelombang kedua kasus terjadi.

Pemakaian masker saat ini diperkirakan mencapai 59 peprsen, hampir sama seperti pada bulan Maret, setelah mencapai puncaknya pada 81 persen pada bulan Mei.

India melaporkan 7.350 kasus Covid-19 baru pada Senin ini, sehingga totalnya menjadi 34,69 juta. Sementara angka kematian meningkat 202 menjadi 475.636.

Baca juga: Citra Shah Rukh Khan bagi Perempuan India: Antara Cinta dan Ketidakadilan Ekonomi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com