Citra Shah Rukh Khan bagi Perempuan India: Antara Cinta dan Ketidakadilan Ekonomi

Kompas.com - 07/12/2021, 20:02 WIB
Khan adalah salah satu superstar terbesar Bollywood. REUTERS via BBC INDONESIAKhan adalah salah satu superstar terbesar Bollywood.

NEW DELHI, KOMPAS.com - "Kenapa kamu suka Shah Rukh Khan?"

Saya bertanya tentang sang superstar Bollywood kepada beberapa teman saya baru-baru ini.

Mereka terkejut - itu bukan pertanyaan yang pernah mereka pikirkan, begitu pula dengan saya.

Baca juga: Berulang Tahun 2 November, Inilah Kisah Sepak Terjang Shah Rukh Khan

Tetapi sebuah buku baru, Desperately Seeking Shah Rukh, membuat saya bertanya-tanya.

Mereka berkata ia "menawan" dan "bersahaja" sebagai protagonis; "lucu", "sarkastik", dan "jujur" dalam wawancara, dan "tidak segan" dalam usahanya mengejar ketenaran dan uang.

Ketika saya menanyakan alasan lain, mereka berpikir lebih dalam tentang peran-peran yang ia mainkan, berkomentar tentang bagaimana Khan tak pernah menjadi protagonis yang "macho", tetapi sensitif dan berusaha mati-matian demi perempuan yang ia cintai.

"Itu benar! Kami menyukainya karena kecintaannya pada perempuan!" kata salah satu teman saya, yang membuat ia terkejut sendiri.

Itulah yang ditemukan penulis Shrayana Bhattacharya ketika ia mengajukan pertanyaan yang sama kepada puluhan perempuan, semuanya penggemar Khan.

Tapi yang mengejutkan, kisah-kisah tentang fandom perempuan ini, sebetulnya, adalah kisah tentang ketidakadilan ekonomi.

"Dengan memberi tahu saya tentang kapan, bagaimana dan mengapa mereka menyukai Shah Rukh, mereka memberi tahu kita tentang kapan, bagaimana, dan mengapa dunia menghancurkan hati mereka," tulis Bhattacharya, mengungkap mimpi, kecemasan, dan pemberontakan para perempuan di dunia yang selamanya menempatkan mereka pada posisi yang kurang menguntungkan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.