Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Antony Blinken Akan Tur Asia Tenggara, Indonesia Masuk Tujuan

Kompas.com - 09/12/2021, 11:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan melakukan tur Asia Tenggara minggu depan, dan Indonesia termasuk salah satu tujuannya.

Dikutip dari kantor berita AFP, tur ini bertujuan menunjukkan pentingnya kawasan itu bagi strategi AS menghadapi China, dan untuk lebih lanjut mengatasi krisis yang memburuk di Myanmar akibat kudeta militer.

Blinken akan memulai perjalanan keliling dunianya dengan bertemu rekan-rekan G7-nya pada Jumat (10/12/2021) hingga Minggu (12/12/2021) di Liverpool, Inggris, ujar juru bicaranya, Ned Price, pada Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Menlu AS Janji Usut Sindrom Havana yang Bikin Pejabat Sakit Misterius

Isu lainnya yang juga akan dibahas Blinken adalah penumpukan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina. Krisis ini juga dibicarakan oleh Presiden Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT virtual mereka, Selasa (7/12/2021).

Blinken kemudian akan menuju Indonesia, Malaysia, dan Thailand untuk menekankan prioritas utama kebijakan luar negeri AS, yaitu menentang China yang semakin asertif.

Amerika Serikat menuduh China melakukan intimidasi dan tekanan regional, terutama di Laut China Selatan.

"Pertemuan menteri akan fokus pada penguatan infrastruktur keamanan regional dalam menanggapi intimidasi RRC di Laut China Selatan," kata Daniel Kritenbrink, Asisten Menteri Luar Negeri untuk urusan Asia Timur dan Pasifik, kepada wartawan.

Kritenbrink menambahkan, Blinken akan membahas tindakan sepihak RRC di Sungai Mekong serta "kebebasan navigasi dan kebebasan penerbangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com