Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Hadir di Perayaan Tahun Baru Imlek Setelah Marahi Para Pejabatnya

Kompas.com - 12/02/2021, 19:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hadir di perayaan Tahun Baru Imlek, setelah dia memarahi para pejabatnya.

Dalam foto yang diunggah sejumlah media pemerintah seperti KCNA, dia duduk di tengah dengan kiri kanannya petinggi Korea Utara.

Dalam konser tahunan yang dihelat pada Kamis (11/2/2021), baik Kim dan para pejabatnya tidak mengenakan masker.

Baca juga: Bahas Rencana Ekonomi, Kim Jong Un Marah Kabinetnya Kurang Inovatif

Koran pemerintah Rodong Sinmun dikutip KCNA Watch Jumat (12/2/2021) melaporkan, hadirin begitu antusias saat Kim Jong Un masuk.

"Mereka berteriak hurrah sebagai bentuk penghormatan atas kepemimpinan dan kebijaksaan beliau yang memenangkan partai dan rakyat," ulas Rodong Sinmun.

Sementara dikutip Republic World, Kim datang ke konser tanpa didampingi istrinya, Ri Sol Ju, dan membuat spekulasi publik makin kencang.

Pasalnya, terakhir kali Ri muncul mendampingi suaminya dalam perayaan Tahun Baru Imlek adalah pada tahun lalu.

Kim hadir dalam konser setelah dia merampungkan empat hari pertemuan, di mana dia memarahi pejabatnya yang dianggap kurang inovatif.

Dalam pemberitaan media setempat, Kim menyebut para pejabatnya tak punya strategi merumuskan rencana ekonomi selama lima tahun.

Kim menyebut, kabinetnya menyusun rencana lima tahunan baru yang tidak maju secara signifikan dari yang sebelumnya yang telah gagal total di hampir setiap sektor.

“Rencana tersebut tidak secara akurat mencerminkan ideologi dan pedoman partai serta kekurangan wawasan inovatif dan strategi cerdas,” kata Kim dalam pertemuan tersebut, menurut KCNA.

Dia menyoroti ada rencana yang dinaikkan secara tidak realistis, dan lainnya malah menurunkan tujuan yang harusnya mudah dicapai.

Dalam rapat pleno itu, Kim Jong Un juga membahas mengenai relasi dengan Korea Selatan, peraturan partai, dan masalah personal.

Dia juga mendiskusikan sanksi yang diterima Korea Utara, penutupan perbatasan, dan pengurangan bantuan luar negeri.

Baca juga: Kim Jong Un Larang Potongan Rambut Non Sosialis, Jins Ketat, dan Anting-anting

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com