Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pemboman Natal Nashville Ternyata Punya Keahlian Elektronik

Kompas.com - 28/12/2020, 21:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber USA Today

NASHVILLE, KOMPAS.com - Pelaku pemboman yang mengguncang pusat kota Nashville pada Hari Natal (25/12/2020), diduga memiliki pengetahuan soal elektronik dan teknologi informasi (TI).

Pihak berwenang setempat mengatakan, Anthony Quinn Warner diduga sebagai pelaku pemboman dan tewas dalam ledakan itu, melansir USA Today pada Minggu (27/12/2020).

Pria 63 tahun itu, adalah seorang warga lama di Nashville yang memegang beberapa pekerjaan teknologi informasi (TI).

Catatan publik menunjukkan bahwa dia memiliki pengalaman yang luas dengan elektronik dan sistem alarm. Dia bekerja sebagai teknisi komputer independen di perusahaan real estate Fridrich & Clark.

Sebelumnya Warner hanya disebut sebagai orang yang berkepentingan dalam kasus tersebut oleh Kepala Polisi Nashville, John Drake. Namun penyelidik meyakini dia telah bertindak sendiri dalam insiden ini.

Baca juga: Bom Hari Natal Nashville, Ekspos Kerentanan Infrastruktur AS

"Anthony Warner adalah pelaku pemboman. Dia hadir saat bom meledak, dan dia tewas dalam pemboman itu," kata Jaksa Amerika Serikat Donald Cochran pada Minggu (25/12/2020).

Agen federal menggeledah rumahnya di Antiokhia, dan kantor real estate Fridrich & Clark di Nashville pada Sabtu (26/12/2020).

Gambar Google Street View dari rumah Warner menunjukkan kendaraan rekreasi (RV) putih yang diparkir di belakang pagar kayu di properti itu. Tetangganya melaporkan melihat RV di rumah selama bertahun-tahun.

RV putih itu berada di tengah ledakan Jumat pagi di Second Avenue di Nashville. Polisi mengatakan ledakan itu berasal dari RV tersebut, segera setelah sistem pengeras suara menyiarkan peringatan untuk mengungsi dari daerah itu.

Polisi wilayah mengungkapkan, beberapa saat sebelum ledakan pengeras suara memainkan lagu sedih 1964 "Downtown" oleh Petula Clark.

Lirik lagu itu bercerita tentang pergi ke kota untuk mencari perlindungan dari kesedihan, bergema di Second Avenue sebelum ledakan: "Cahayanya (ledakan) jauh lebih terang di sana."

Baca juga: Ledakan Nashville: Identitas Pelaku Terungkap, Motif Belum Diketahui

Testimoni tetangga pelaku

Steve Schmoldt dan istrinya telah tinggal di sebelah Warner selama lebih dari dua dekade.

Schmoldt menggambarkan tetangga lamanya sebagai orang yang bersahabat, seseorang yang biasa diajak mengobrol singkat.

Dia berkata bahwa Warner adalah "orang yang rendah hati sampai-sampai, saya tidak tahu, saya rasa beberapa orang akan mengatakan dia agak aneh."

Menurutnya, dia tidak pernah melihat siapa pun datang dan pergi dari rumah Warner. “Tidak pernah melihatnya pergi kemana-mana. Sejauh yang kami tahu, dia semacam ahli komputer yang bekerja di rumah.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com