Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pahlawan, Diplomat Inggris di China Ini Selamatkan Wanita yang Hampir Tenggelam

Kompas.com - 17/11/2020, 10:56 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Daily Mail

ZHONGSHAN, KOMPAS.com - Seorang diplomat Inggris di China dianggap pahlawan setelah menyelamatkan seorang wanita yang hampir tenggelam di sungai.

Stephen Ellison, yang baru saja ditugaskan di Konsulat Jenderal Chongqing, tengah mengunjungi kawasan kota tua pada Sabtu (14/11/2020).

Dalam insiden yang direkam oleh salah satu pengunjung, seorang turis wanita terpeleset dan jatuh ke sungai ketika bermain di tepian.

Baca juga: Misteri Kematian Pewaris Perusahaan Bir Guinness, Tiba-tiba Ditemukan Tenggelam di Kolam Renang Pribadi

Dalam insiden yang terjadi di Zhongshan, rekaman yang beredar memerlihatkan pengunjung yang lain berteriak namun mereka tak melakukan apa pun.

Awalnya, perempuan itu mencoba sekuat tenaga kembali ke permukaan. Namun karena terus didorong oleh arus yang kuat, dia mulai tak bergerak.

Dilansir Daily Mail Senin (16/11/2020), tayangan menunjukkan ketika ada pria yang menceburkan diri ke sungai, dan berenang ke arah turis itu.

Ellison yang merupakan atlet triatlon itu segera memegangnya, dan mereka berenang ke tepian dengan bantuan pelampung yang dilemparkan petugas setempat.

Konsulat Jenderal Inggris di Chongqing kemudian mengonfirmasi bahwa si pahlawan adalah Ellison, yang merupakan konsul jenderal baru di sana.

Diplomat berusia 61 tahun tersebut segera memberikan pertolongan pertama kepada wanita yang tak disebutkan identitasnya itu.

Baca juga: Istri Ketahuan Goda Pria Lain, Pria Ini Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Segera si perempuan mulai mendapatkan kesadaranya kembali dan bisa bernapas. Video itu kemudian menjadi viral di China.

Media pemerintah seperti Xinhua dan Global Times memberitakan peristiwa itu seraya melayangkan pujian kepada si diplomat.

Di Weibo, netizen berterima kasih atas perbuatan Ellison, di mana ada warganet yang menyoroti dia tak sempat melepaskan jamnya demi menyelamatkan si turis.

Namun di sisi lain, warganet juga mengkritik pengunjung yang tidak berusaha menolong si perempuan, malah merekamnya di ponsel.

Baca juga: Izin Berenang di Kali Cigede Dekat Rumah, 3 Bocah Malah Tewas Tenggelam

"Saya sangat marah. Banyak orang mengambil video dan hanya segelintir yang membantu si perempuan. Malah orang yang pertama menolong adalah warga asing," kata si netizen.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab di Twitter memuji Ellison, karena dengan sigap menolong wanita yang diidentifikasi adalah pelajar tersebut.

"Keberanian dan komitmennya merupakan representasi dari seluruh diplomat Inggris yang bertugas di berbagai negara," papar Raab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com