Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembunuh 3 Orang di Gereja Perancis Positif Virus Corona

Kompas.com - 03/11/2020, 16:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

NICE, KOMPAS.com - Pelaku pembunuhan terhadap tiga orang di gereja Nice, Perancis, dilaporkan positif virus corona, yang membuat interogasinya bisa mundur.

Tersangka yang bernama Brahim Aouissaoui masih dirawat setelah ditembak beberapa kali dalam penyerangan di Basilika Notre-Dame, Kamis (29/10/2020).

"Dia belum diinterogasi. Prognosisnya masih belum pasti," jelas sumber internal keamanan Perancis seperti diwartakan AFP Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Pelaku Penyerangan Gereja Perancis Sempat Kirim Selfie ke Keluarganya

Aouissaoui, yang pernah dipenjara di Tunisia karena kasus kekerasan dan narkoba, sampai ke Italia menumpang kapal migran pada September lalu.

Media Italia memberitakan, pembunuh berusia 21 tahun itu awalnya dimasukkan ke dalam karantina bersama dengan 400 migran lainnya.

Namun, Brahim Aouissaoui ternyata dilepaskan dan melanjutkan perjalanannya hingga sampai ke kota Bari pada 9 Oktober lalu.

Penegak hukum "Negeri Anggur" menduga, Aouissaoui tiba di Nice menaiki kereta pada 27 Oktober, atau dua hari sebelum serangan.

Berdasarkan rekaman kamera CCTV, dia sempat masuk ke dalam gereja dan duduk setidaknya 30 menit sebelum menikam orang yang tengah beribadah.

Tiga orang tewas dalam penyerangan itu, dengan salah satunya dipenggal. Satu korban lain sejatinya berhasil menyelamatkan diri dari basilika.

Perempuan yang diidentifikasi bernama Simone Barreto Silva itu mencari perlindungan di kafe seberang dan memberitahukan insidennya ke pengunjung.

Silva kemudian tewas karena menderita luka serius, di mana kata terakhirnya adalah "tolong beri tahu anakku bahwa aku mencintai mereka".

Total enam orang sudah ditangkap dalam pembunuhan tersebut, di mana mereka ditanyai mengenai hubungan mereka dengan Aouissaoui.

Tetapi, hanya satu yang masih ditahan hingga Selasa. Yakni pemuda Tunisia yang satu kapal dengan Brahim Aouissaoui saat tiba di Lampedusa.

Baca juga: Ibu 3 Anak Ini Tewas Bak Ksatria Saat Melawan Pelaku Serangan Gereja Perancis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com