Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2020, 20:56 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN,KOMPAS.com - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, perjuangan membebaskan Palestina adalah tugas Islam.

Di dalam pidatonya pada Hari Quds (Yerusalem) melalui kanal TV pemerintah Iran, Khamenei menyampaikan bahwa sudah merupakan tugas Islam untuk memperjuangkan kebebasan Palestina.

Dilansir media Perancis AFP, Khamenei mengecam pihak dan negara-negara Barat serta Arab Saudi yang dianggap mereka sebagai 'boneka' Amerika Serikat (AS) yang mendukung negara Yahudi. 

Baca juga: Wakil Presiden Pertama Iran Positif Virus Corona, Khamenei Batalkan Pidato Publik Tahun Baru Nowruz

Pemimpin yang telah berusia 80 tahun itu juga tampak mengonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa Iran telah membantu warga Palestina selama ini dengan mempersenjatai mereka.

"Tujuan dari perjuangan ini adalah pembebasan seluruh rakyat dan tanah Palestina," dan "mengembalikan seluruh warga Palestina ke negara mereka," ungkap Khamenei.

Khamenei juga mengatakan, "Kebijakan normalisasi kehadiran rezim Zionis di negara Palestina adalah salah satu kebijakan utama yang diusung Amerika Serikat."

Baca juga: Rudal Iran Hantam Markas Militer AS, Apa Itu Garda Revolusi dan Al Quds?

Dia juga mengatakan kalau beberapa pemerintahan Arab di Palestina yang berperan sebagai 'boneka AS' telah menyediakan berbagai prasyarat terkait hal itu seperti ikatan perekonomian dan sejenisnya. 

Namun hal itu dianggap Khamenei sebagai suatu usaha yang tak ada hasilnya.

"Setiap orang harus mengisi tangan para pejuang Palestina dan menguatkan punggung mereka. Kita akan sangat bangga melakukan dengan cara ini. Suatu hari, kita akan menyadari bahwa satu-satunya masalah para pejuang Palestina adalah kurangnya senjata," ujar Khamenei.

Baca juga: Jaga Tempat Suci Syiah di Damaskus, Anggota Senior Garda Revolusi Iran Tewas

"Kami telah merencanakan untuk menyelesaikan masalah ini, dan "hasilnya adalah keseimbangan kekuasaan di Palestina telah berubah: hari ini Gaza dapat menghadapi agresi militer musuh Zionis dan menang."

Iran telah menandai Hari Quds setiap tahun sejak Revolusi Islam 1979 pada Jumat terakhir di bulan Ramadhan, bulan puasa bagi Muslim, dalam solidaritas dengan Palestina.

Khamenei berbicara di acara itu untuk pertama kalinya dalam lebih dari 30 tahun sebagai pemimpin tertinggi, meski pun dia telah berulang kali menyebut masalah Palestina sebagai "masalah utama dunia Muslim".

Baca juga: Jenazah Jenderal Top Iran Qasem Soleimani Dikenali dari Cincin di Jarinya

Republik Islam Iran telah membatalkan unjuk rasa Hari Quds tahun ini untuk menghentikan laju penyebaran virus corona yang pertama kali muncul di negara itu pada Februari silam.

Hari Quds tahun ini datang setelah pembunuhan Qasem Soleimani pada Januari kemarin. Soleimani adalah komandan kuat Pasukan Quds, cabang operasi asing Garda Revolusi Iran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com