Pesawat Pakistan Jatuh di Permukiman, Warga Mendengar Ledakan Besar

Kompas.com - 22/05/2020, 19:53 WIB
Petugas penyelamat membantu evakuasi warga di lokasi jatuhnya pesawat Pakistan International Airlines (PIA) di Karachi, Pakistan, Jumat (22/5/2020). REUTERS/AKHTAR SOOMROPetugas penyelamat membantu evakuasi warga di lokasi jatuhnya pesawat Pakistan International Airlines (PIA) di Karachi, Pakistan, Jumat (22/5/2020).

KARACHI, KOMPAS.com - Sebuah pesawat Airbus milik Pakistan International Airlines ( PIA) jatuh di permukiman. Warga setempat menyebut terjadi ledakan besar saat kecelakaan terjadi.

Pesawat ini membawa hampir 100 orang (sebelumnya diberitakan lebih dari 100) di dalamnya. Kecelakaan terjadi di permukiman Karachi pada Jumat (22/5/2020).

Pesawat PIA dikabarkan hampir mendarat, tetapi justru jatuh di permukiman. Gumpalan asap hitam pun mengepul di udara dan dilaporkan bisa dilihat dari kejauhan.

Baca juga: Pesawat Airbus Jatuh di Pakistan, Bawa Lebih dari 100 Penumpang

Petugas penyelamat dan penduduk setempat lalu menyelamatkan orang-orang dari puing-puing, sedangkan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

"Saya mendengar ledakan besar dan membangunkan orang-orang yang memanggil pemadam kebakaran," kata penduduk Karachi, Mudassar Ali, dikutip dari AFP.

Juru bicara PIA Abdullah Hafeez mengatakan, ada 91 penumpang dan 7 awak di dalam pesawat, yang kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara setelah pukul 14:30 waktu setempat.

"Masih terlalu dini untuk mengomentari penyebab kecelakaan itu," katanya.

Baca juga: Media AS Beritakan Pesawat Jatuh di Danau Sentani, Bawa Bantuan Covid-19

Abdul Sattar Khokhar dari otoritas penerbangan Pakistan mengatakan, Airbus A320 sedang melakukan perjalanan dari Lahore ke Karachi.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berujar, dirinya "terkejut dan sedih" oleh kecelakaan itu. Di Twitter ia menulis telah menghubungi kepala eksekutif maskapai penerbangan tersebut.

"Doa dan belasungkawa untuk keluarga orang yang meninggal," kata Khan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X