Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Buah Dianjurkan Minimal 3 Porsi dalam Sehari, Mengapa?

Kompas.com - 16/02/2024, 07:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Mengonsumsi buah-buahan disarankan minimal dua-tiga porsi sehari guna mencukupi asupan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh, baik untuk orang dewasa maupun anak. 

"Ada yang namanya piramida makanan, dari situ bisa dilihat kalau kebutuhan buah itu adalah dua sampai tiga porsi per hari, itu minimal," ucap Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G.K., dilansir dari Antara, Kamis (15/2/2024).

Baca juga: 5 Buah yang Dipercaya Bawa Keberuntungan Saat Imlek, Tidak Cuma Jeruk

Ia melanjutkan bahwa porsi buah untuk anak berusia di atas lima tahun hampir sama dengan orang dewasa. 

"Jadi kalau makan apel ya apel satu porsi. Kalau mau apel sama pir, boleh, separuh-separuh. Untuk anak pun dua sampai tiga porsi sehari, sama," katanya. 

Beberapa buah memiliki profil nutrisi terbaik untuk membantu Anda mengatasi gula darah tinggi, seperti buah beri, alpukat, dan jeruk.SHUTTERSTOCK/baibaz Beberapa buah memiliki profil nutrisi terbaik untuk membantu Anda mengatasi gula darah tinggi, seperti buah beri, alpukat, dan jeruk.

Sebagai informasi, takaran porsi konsumsi buah berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekitar 50 gram. Dalam sehari, kamu pun bisa mengonsumsi 150 gram buah.

"Untuk porsi, misal jeruk, ya satu jeruk. Jambu, satu jambu. Tapi kalau buah yang besar, kita makan pepaya, melon, semangka, itu kira-kira satu slice (irisan) kayak di tukang buah," ucapnya.

Ia pun menyarankan untuk menambah variasi buah yang akan dikonsumsi. Dalam satu hari, kamu dianjurkan makan tiga-empat jenis buah agar kandungan yang didapat juga beragam.

"Kalau jenisnya itu-itu aja, memang seratnya dapat, vitamin, dan mineral dapat. Tapi, bahan makanan itu kandungannya beda-beda. Apakah ada fosfornya? Apakah ada magnesiumnya? Itu beda-beda. Jadi idealnya, memang kalau bisa itu setiap hari tiga sampai empat (jenis) buah," jelas Diana.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com