Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lezatnya Hidangan Otentik Khas Italia di Blok M, Ada Tiramisu dan Toast Jamur

Kompas.com - 13/01/2024, 14:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Italia tidak bisa lepas dengan aneka jenis pastry. Sebagian besar penduduk Italia pun hampir setiap hari mengonsumsi pastry. Entah itu saat pagi hari, setelah makan siang, ataupun sore menjelang malam.

Ada banyak restoran ataupun kafe di Jakarta yang menawarkan makanana khas Italia. Salah satunya yaittu Delizie.

"Banyak kafe khas Italia yang bisa ditemui di Jakarta, tetapi kita (Delizie) menyajikan yang otentik, dimasak secara tradisional seperti yang disajikan di Italia," kata salah satu pengelola Delizie, Fabio Alderigi, kepada Kompas.com di kafe Delizie, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Baca juga:

Menariknya, pastry di Delizie dibuat dengan mengikuti resep pastry otentik Italia milik nenek Fabio yang sudah ada sejak 57 tahun.

Penasaran dengan cita rasa pastry dari resep legendaris ini, saya berkesempatan mencoba beberapa sajian andalan di Delizie.

Legitnya tiramisu otentik Italia

Kata Fabio, pastry yang ada di Delizie punya waktu tersendiri untuk disantap. Karena datang ke lokasi sekitar pukul 15.00 WIB, alhasil Kompas.com direkomendasikan untuk mencicipi tiramisu.

Seporsi tiramisu di Delizie hadir dalam bentuk kemasan toples kaca bening. Tampilannya tampak menggiurkan, terutama saat melihat lapisan lady finger yang tumpang tindih bercama mascarpone keju.

Baca juga: Mengenal Bumbu Italia yang Simpel tapi Bikin Masakan Lezat

Kondisinya masih dingin segar, mengingat baru saja dikeluarkan dari mesin pendingin. Dari segi ukuran, tiramisu ini berukuran cukup pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar untuk disantap seorang diri.

Tiramisu, dessert di Delizie, kafe otentik Italia di Blok M, Jakarta Selatan,  Jumat (12/1/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Tiramisu, dessert di Delizie, kafe otentik Italia di Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Bagian atas tiramisu, terdapat mascarpone keju yang ditaburi bubuk cokelat dan topping cokelat batangan. 

Rasa manis creamy dari mascarpone berpadu dengan lady finger yang dicampur kopi, membuat suapan pertama terasa seimbang dan nikmat di lidah. Perbandingan porsi lady finger dan mascarpone keju dalam toples terasa seimbang, jadi tidak ada rasa yang mendominasi.

Khusus pada lapisan terakhir alias lapisan terbawah tiramisu, rasa kopi cukup kuat di sini. Mengingat lady finger berada di lapisan terbawah sehingga ekstra kopi pun juga ikut menumpuk.

Baca juga:  8 Bumbu yang Wajib Ada di Masakan Italia, Ada Daun Salam

Meskipun begitu, rasa sedikit pahit tersebut tidak terlalu menganggu. Sepertinya pencinta kuliner yang ingin menikmati dessert tetapi tidak terlalu suka rasa manis, varian tiramisu orisinal bisa jadi pilihan yang oke.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com