Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2022, 17:06 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makanan italia bisa dibilang mudah ditemui di Indonesia. Tidak selalu di restoran khusus, hidangan khas Italia juga kerap dijual di kafe atau restoran biasa.

Beberapa sajian italia yang populer di dunia, termasuk Indonesia, adalah piza, pasta, lasagna, dan tiramisu.

Ada alasan menarik di balik kepopuleran hidangan khas Italia. Menurut koki di Casa Alba Ristorante, Patron Roberto Fiorini, makanan italia terbilang unik.

"Makanan italia mudah dikenali, tidak kompleks. Seperti banyak yang suka sushi dari Jepang karena memang mudah dikenali," kata Roberto.

Piza, misalnya. Selain mudah dibeli, cara membuat piza juga simpel sehingga praktis dibuat di rumah.

Baca juga:

ilustrasi pizza. shutterstock/D-VISIONS ilustrasi pizza.

Alasan lain makanan italia disukai banyak orang adalah karena pengenalan akan sajian itu.

Menurut Roberto, tidak sedikit orang Italia yang bermigrasi ke banyak negara dan mengenalkan keragaman budaya, termasuk makanan khas Italia.

"Jadi ketika berbicara tentang Italia, yang dibicarakan biasanya tidak jauh dari budaya dan makanannya," ujar Roberto saat ditemui Kompas.com dalam Grand Opening Casa Alba Ristorante, Jumat (22/7/2022).

Bahan makanan dari Italia juga menarik. Roberto mengatakan, ada beberapa makanan yang memang berasal dari Italia dan populer di dunia.

"Kalau bicara tentang parmesan, itu adalah keju terpopuler di dunia yang berasal dari salah satu kota kecil di Italia," tutur Roberto.

Selain itu, ada juga white truffle yang dikenal sebagai salah satu jenis jamur termahal di dunia. Bahan makanan ini juga berasal dari Italia.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com