Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mudah Kupas Telur Tanpa Bikin Bentuknya Hancur

Kompas.com - 12/12/2023, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin kamu termasuk orang yang kesulitan mengupas kulit telur rebus. Padahal, ada cara gampang dan cepat yang bisa diikuti untuk mengupas telur rebus tanpa merusak bentuknya.

Dilansir dari laman All Recipes dan Kompas.com, sedikitnya ada enam cara mudah untuk mengupas telur rebus bagi pemula. Apa ya triknya?

Baca juga:

1. Gunakan soda kue

Dalam laman All Recipes menyebutkan kalau merebus telur dengan soda kue bisa meningkatkan pH pada putih telur. pH tinggi pada putih telur inilah yang membantunya terisah dari membran cangkang bagian dalam.

Dengan begitu, kulit telur rebus mudah dikupas.

2. Rebus dengan taburan garam

Kamu juga bisa menambahkan garam ke dalam panci berisikan air mendidih untuk merebus telur. Garam bisa membantu air mencapai titik didih lebih cepat.

Selain itu, garam juga bisa meminimalisir adanya retakan pada cangkang telur.

3. Tambahkan cuka putih atau cuka apel

Selain soda kue dan garam, kamu juga bisa mengupas kulit telur rebus dengan mudah menggunakan cuka. Kandungan asam pada cuka bisa melarutkan kandungan kalsium karbonat yang terdapat dalam cangkang telur.

Cangkang telur yang direbus dengan cuka memang tidak akan selunak cangkang telur yang direbus dengan soda kue atau garam. Namun, tetap bisa membuatnya terkupas dengan mudah.

4. Kupas telur di bawah keran yang mengalir

Cara kupas telur dengan cepat dengan air mengalir ini bisa membuat telur terkupas dengan mulus tanpa adanya lubang. Cangkang telur rebus yang baru saja diangkat dari panci biasanya masih melekat erat.

Oleh karena itu, gunakan tekanan air mengair untuk membantumu dalam mengupas cangkang telur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com