Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Bolu Sakura, Kue Tradisional Kukus dengan Gula Karamel

Kompas.com - 29/11/2023, 11:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu termasuk pencinta kue tradisional kukus? Coba ikuti resep bolu sakura kukus dengan aroma khas wangi gula karamel. 

Salah satu jajanan pasar legit yang satu ini dicetak dengan cetakan mini berbentuk bunga sakura yang cantik. Cocok untuk isian snack box, berbagai acara di rumah. 

Simak dan ikuti tujuh langkah membuat bolu kukus sakura dari buku "Delicious & Beautiful Cakes From Home Ala Ordinary Kitchen" (2023) oleh Ricke Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini. 

Baca juga:

Resep bolu sakura kukus

Bahan 

  • 2 butir telur utuh
  • 125 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam 
  • 1/2 sdt vanila
  • 200 gram tepung terigu protein sedang 
  • 25 gram maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 75 gram butter atau mentega

Bahan sirup karamel 

  • 125 gram gula pasir
  • 250 ml air panas

Cara membuat bolu sakura kukus

  1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir pada panci dengan api kecil hingga gula terlihat kuning kecokelatan dan mencair. Tak perlu mengaduknya secara berkala, cukup aduk sekali saja. Aduk dengan cara diputar agar merata. 
  2. Jangan sampai gula gosong, tuang air panas secara bertahap hingga habis. Masak hingga air mendidih dan seluruh gula karamel larut. Angkat dan dinginkan. 
  3. Panaskan kukusan dengan api sedang, bila menggunakan panci dandang kukusan. Tutup pancinya dengan serbet bersih agar uap tidak menetes. Bila menggunakan kukusan klakat segi empat, tutupnya tidak perlu dibungkus serbet. 
  4. Olesi cetakan bolu sakura dengan minyak sayur dan margarin, sisihkan. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, putih, dan kental berjejak. 
  5. Masukkan vanilla, kocok rata. Masukkan gula karamel secara bertahap hingga dingin, sambil dikocok dengan mikser kecepatan rendah. Terakhir, aduk hingga rata dengan spatula. 
  6. Campurkan dan ayak terigu, maizena, baking powder, dan soda kue. Masukkan secara bertahap ke dalam adonan telur. Aduk balik merata dengan spatula dan mikser dengan kecepatan paling rendah. 
  7. Masukkan butter atau margarin yang sudah dilelehkan. Aduk balik merata dengan spatula. Pastikan adonan sudah dalam keadaan tercampur rata. 
  8. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh. Kukus selama 15-20 menit dengan api sedang cenderung kecil hingga matang. Angkat dan keluarkan cake dari cetakan, dinginkan. 

Buku "Delicious & Beautiful Cakes From Home Ala Ordinary Kitchen" (2023) oleh Ricke Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com