Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Siapkan MPASI untuk bayi agar Memenuhi Kebutuhan Gizi Seimbang

Kompas.com - 28/11/2023, 07:04 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum usia enam bulan, bayi hanya boleh diberi air susu ibu (ASI) yang merupakan makanan dengan komposisi zat gizi seimbang.

Setelah usia enam bulan, bayi baru boleh diberi makanan pendamping ASI (MPASI), makanan ini hanya pendamping bukan sebagai pengganti ASI.

Pastikan bahan MPASI memenuhi gizi seimbang bayi yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Simak tips siapkan MPASI untuk bayi agar memenuhi kebutuhan gizi seimbang, dikutip dari buku "MP-ASI Bubur Lembut Makanan Harian Bayi Usia 7 Bulan ke atas" (2018) karya Prof.Dr.Ir. Ali Khomsan. MS, dkk terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

1. Membuat MPASI sendiri di rumah

Selalu buat sendiri makanan untuk buah hati, makanan buatan sendiri memiliki cita rasa khas dan bebas bahan tambahan seperyi pengawet dan penambah cita rasa yang memperberat kerja organ pencernaan.

2. Berikan makanan alami

Berikan buah hati makanan alami, jangan menambahkan bahan tambahan makanan dan pilih bahan organik yang bebas pestisida dan bahan kimia.

3. Memenuhi syarat gizi seimbang

Menyiapkan MPASI buah hati harus memenuhi syarat gizi seimbang, pastikan MPASI mengandung sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

4. Berikan MPASI sesuai umurnya

Berikan makanan sesuai dengan umur buah hati, berikan mulai bubur buah, bubur lembut, bubur saring, nasi tim dan makanan selingan.

Buku "MP-ASI Bubur Lembut Makanan Harian Bayi Usia 7 Bulan ke atas" (2018) karya Prof.Dr.Ir. Ali Khomsan. MS, dkk terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli online di Gramedia.com.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com