Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Masak Nasi ala Jepang, Pulen Maksimal dan Tidak Cepat Basi

Kompas.com - 27/11/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin belajar masak nasi ala Jepang yang pulen maksimal? Kamu bisa simak beberapa tips masak nasi ala Jepang yang satu ini.

Walau jenis beras ala Jepang dan Indonesia cukup berbeda, tetapi kamu masih bisa coba memasaknya menjadi pulen dan tidak mudah basi.

Dilansir dari Guide Michelin, simak penjelasan seputar cara bikin nasi pulen ala Jepang.

Baca juga:

1. Perhatikan kualitas dan kesegaran beras

Dilansir Guide Michelin, Yuichi Sato selaku Direktur Utama Tawaraya Rice, brand beras bersertifikat di Singapura menyarankan untuk menggunakan jenis beras yang berkualitas baik.

Selain itu, perhatikan juga kesegaran beras. Pastikan beras yang akan digunakan tidak kotor atau berkutu.

Cium aroma beras, pastikan baunya masih seperti susu dan biji-bijian. Hindari menyimpan beras dengan bahan berbau tajam agar tidak merusakan aroma alaminya.

2. Gunakan rasio nasi dan air yang pas

Beberapa orang mungkin akan menggunakan perbandingan penggunaan nasi dan air sebanyak satu banding satu. Namun, kamu bisa mencoba menggunakan rasio air yang lebih sedikit dari beras yaitu 1:0,9.

Namun, cara masak nasi ala Jepang dengan menggunakan beras merah bisa dengan menggunakan takaran 1:1,5 untuk beras dan air.

Ilustrasi nasi putih yang dibekukan. DOK.SHUTTERSTOCK/pu_kibun Ilustrasi nasi putih yang dibekukan.

3. Cara cuci beras

Gunakan air dingin atau air suhu ruang ke dalam panci atau mangkuk berisikan beras. Aduk dan buang airnya dengan cepat.

Bilas beras dengan cepat kemudian tuang perlahan untuk menghilangkan dedak di sekitarnya. Cuci beras sekitar dua hingga tiga kali, ganti air setiap putaran saat mencuci beras.

4. Rendam beras

Setelah mengetahui takaran air dan beras yang pas, biarkan beras terendam di dalam air selama kurang lebih setengah jam. Gunakan air minum yang lebih bersih agar tekturnya tidak lembek.

Selama proses rendam beras, taburkan garam ke dalamnya agar cita rasanya gurih.

5. Cara masak nasi ala Jepang yang pulen

Selanjutnya, tips masak nasi ala Jepang yang pulen ada pada cara mengaduknya secara perlahan dengan spatula beras. Putar dari sisi dan dasar penanak nasi.

Tutup kembali dan biarkan nasi dikukus dengan sisa panas selama 10 menit untuk menyebarkan kelembaban secara merata. Dengan begitu, tekstur dari nasi akan lebih ringan dan pulen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com