Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Buttercream dan Fondant? Bahan Hias Kue Ulang Tahun

Kompas.com - 27/11/2023, 11:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang hari ulang tahun orang tersayang, tidak ada salahnya untuk menyiapkan bahan membuat kue. Salah satunya, bahan hias kue ulang tahun

Ada buttercream dan fondant yang dikenal dan digunakan oleh banyak toko roti dalam membuat kue ulang tahun. Namun, beberapa orang mungkin masih kesulitan dalam membedakannya. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada perbedaan yang menarik untuk diketahui di antara buttercream dan fondant

Baca juga:

Bedanya buttercream dan fondant

Dilansir dari laman The Spruce Eats, buttercream biasanya digunakan untuk bahan hias aneka kue. Tidak hanya birthday cake tetapi juga bolu hingga cupcakes.

Menurut laman tersebut, buttercream memiliki tekstur yang halus sehingga cukup memberikan hasil akhir yang sempurna untuk menghias kue.

Sementara itu, fondant juga memiliki tekstur yang sangat halus dan mudah diaplikasikan.

Pada beberapa kue yang akan dihias, banyak orang yang lebih memilih buttercream karena bahan tersebut bisa memperbaiki tekstur.

Pasalnya fondant perlu dioleskan secara berulang pada bagian kue yang berlubang atau tidak rata. Selain itu, fondant juga bisa digunakan untuk menghias kue yang punya warna-warni.

ilustrasi kue yang dilapisi buttercream. PIXABAY/TUANANHTRINH919 ilustrasi kue yang dilapisi buttercream.

Fondant bisa digunakan dan dibentuk menjadi berbagai macam dekorasi, seperti bunga, kerutan, dan elemen desain lainnya.

Ditambahkan dari laman Fine Dining Lovers, ada perbedaan paling mendasar antara buttercream dan fondant. Buttercream merupakan lapisan gula sementara fondant adalah bahan dasar membentuk lapisan gula yang lebih tebal.

Fondant biasanya dibuat dengan cara menjenuhkan air dan gula sehingga bisa membentuk pasta yang kental dan bisa digulung. Fondant bisa digunakan untuk dekorasi yang detail seperti elemen yang digulung atau dilipat.

ilustrasi kue ulang tahun berbahan dasar sponge cake.PEXELS/Piotr Arnoldes ilustrasi kue ulang tahun berbahan dasar sponge cake.

Sementara buttercream hanya untuk mengoleskan sisi kue atau membentuk bunga dengan cara spuit. Dari segi rasa, buttercream lebih memiliki banyak rasa dan lembut dari fondant.

Buttercream sangat mudah dibuat oleh siapa saja bahkan oleh pemula. Jika teksturnya dirasa terlalu encer, maka tambahkan dengan gula tetapi jika teksturnya dirasa terlalu kaku, maka tambahkan dengan susu.

Namun, jika kamu ingin menggunakan buttercream untuk hiasan kue sebaiknya cukup berhati-hati karena buttercream merupakan campuran basah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com