Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2023, 13:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Apa jadinya kalau ibu menyusui secara aktif menginginkan menu masakan pedas seperti seblak, ayam rica-rica, rujak, hingga bakso mercon.

Dilansir dari laman Healthline, ada penjelasan seputar apakah ibu menyusui aman dan boleh mengonsumsi makanan pedas saat masih aktif menyusui sang buah hati berikut ini.

Baca juga:

Apakah aman menikmati makanan pedas saat menyusui?

Dilansir dari laman Healthline, ibu menyusui bisa mengonsumi makanan pedas yang disukai. Belum ada bukti yang menunjukkan, kalau makanan pedas harus dihindari ibu menyusui agar tidak membahayakan bayi.

Secara umum, ibu menyusui aman mengonsumsi aneka masakan pedas seperti kari, tom yum, atau seblak. Namun perlu diperhatikan, efek dari ibu menyusui saat menikmati makanan pedas.

Jika seorang ibu menyusui biasa menderita mulas atau sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas. Sebaiknya hindari menikmati makanan pedas.

Namun, jika sang ibu tidak memiliki efek setelah makan masakan pedas. Maka bisa mengonsumsi segala menu tersebut.

Pilihlah makanan yang membuat ibu nyaman selama menyusui. Selain itu, konsumsi juga menu makanan sehat dan bergizi tinggi agar asupan gizi harian bayi tercukupi.

Di sisi lain, sebuah penelitian menunjukkan kalau bayi yang terpapar dengan aneka asupan berbagai rasa melalui cairan ketuban selama kehamilan, lebih siap dan terbuka dengan makanan yang dikonsumsinya setelah lahir nanti.

Selain itu, bahan makanan yang bisa memengaruhi rasa ASI seperti bawang putih, mint, dan vanilla.

Ilustrasi rujak petis untuk hidangan di siang hari bersama keluarga atau teman.DOK.SHUTTERSTOCK/ThamKC Ilustrasi rujak petis untuk hidangan di siang hari bersama keluarga atau teman.

Apakah ada makanan yang perlu dihindari selama menyusui?

Masih dalam laman Healthline yang sama, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh ibu menyusui. Seperti, ikan yang mengandung merkuri tinggi, alkohol, kafein lebih dari 300 miligram, hingga suplemen herbal.

Mengonsumssi menu makanan dan minuman yang tidak sehat bisa mengurangi durasi menyusui dan menyebabkan stres.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com