Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Foam Susu Tanpa Mesin, Bikin Kopi ala Kafe

Kompas.com - 21/11/2023, 12:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak jenis kopi yang bisa kamu hidangkan atau sajikan dengan faom susu tebal di atasnya. Di beberapa cafe terdekat, sering kali foam susu dibuat dengan menggunakan mesin khusus.

Di sisi lain, bagi kamu pencinta menu kopi yang ingin menghidangkan macchiato, cappucino, dan coffee latte di rumah. Ada cara membuat foam susu tebal dan stabil untuk aneka hidangan kopi.

Dilansir dari beberapa sumber, simak tips membuatnya tanpa menggunakan mesin.

 

Baca juga:

1. Milk frother

Bagi kamu yang pernah mengikuti trend dalghona coffee di awal pandemi tahun 2020 yang lalu. Mungkin kamu tidak asing dengan alat yang satu ini.

Milk frother berbentuk stik dengan tombol untuk menyalakan bagian bawahnya agar memutar dan mengocok susu cair. Cara menggunakannya adalah dengan memposisikan milk frother sedikit agar miring agar susu tidak tumpah dan busa terbentuk dengan pas.

2. French Press

Dilansir dari laman Real Simple, kamu bisa menggunakan french press. Umumnya, alat tersebut digunakan untuk memisahkan ampas dari biji kopi dari kopi cairnya. Jadi, kopi bisa dinikmati tanpa meninggalkan ampas di dasar gelas saji.

Cara membuat foam susu dengan french press adalah dengan memanaskan susu kemudian menuangnya ke dalam alat.

Pompa french press dengan kuat selama 20 detik atau hingga gelembung susu terbentuk. Tuang susu ke dalam espresso dan nikmati.

3. Mason Jar

Mason Jar merupakan stoples kedap udara dari kaca bening yang biasanya digunakan untuk menyimpan aneka bumbu. Di Indonesia, Mason Jar juga digunakan sebagai gelas minuman seperti infused water.

Kamu bisa membuat foam susu dengan mason jar dengan cara tuang susu kemudian tutup stoples rapat. Kocok sekuat tenaga selama 45 detik hingga satu menit.

Kalau busa susu sudah terlihat, tutup stoples dan sisihkan. Tuang foam milk di atas sajian kopi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com