Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Beli Minuman Segar Khas Solo, Ada Es Gempol Pleret

Kompas.com - 09/11/2023, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang laga perdana Piala Dunia U17 2023 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada 10 November 2023.

Teruntuk kamu yang sudah mempersiapkan waktu untuk hadir langsung menonton pertandingan pertama dari rangkaian kompetisi sepak bola bergengsi tersebut.

Jangan lewatkan juga untuk menikmati aneka menu kuliner khas Solo dan sekitarnya.

Kompas.com rangkum sedikitnya ada tujuh tempat minuman segar khas Solo dengan cita rasa hingga isian yang otentik untuk menambah pengalaman kulineran.

Baca juga:

1. Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede

Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede hanya berjarak sekitar 3,9 Kilometer dari Stadion Manahan Solo. Tepatnya berlokasi di Pasar Gede Hardjonagoro, Pintu Utara. Buka dari pukul 08.00-14.30 WIB.

Kamu bisa menikmati satu porsi minuman khas Solo berisikan cendol beras, ketan hitam, dan selasih. Harga per porsinya sekitar Rp 12.000.

Spesialnya lagi, ada menu es dawet telasih dengan isian tape dan durian yang juga bisa kamu coba nikmati secara langsung atau bungkus untuk dinikmati di penginapan.

Es dawet durian yang segar dan lezat.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Es dawet durian yang segar dan lezat.

2. Es Kapal

Kedai minuman khas Solo selanjutnya ini hanya berjarak sekitar 2,4 Kilometer atau bisa ditempuh dengan mobil selama 8 menit dari Stadion Manahan.

Lokasinya berada di Jalan Dr. Rajiman Nomor 353, Panularan, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Buka dari pukul 10.00-18.00 WIB.

Minuman legendaris di Solo ini sekilas mirip dengan es cocol cokelat yang mana dihidangkan dengan sepotong roti tawar kemudian dicelupkan ke dalam es.

Harga per gelas es kapal biasanya dijual sekitar Rp 5.000.

3. Es Teh Kampul

Es teh kampul merupakan minuman khas Solo yang cukup populer di Indonesia. Minuman dingin dan menyegarkan tenggorokan ini mengombinasikan racikan teh dengan irisan jeruk nipis atau peras.

Nama kampul berasal dari bahasa Jawa yang berarti mengapung. Di Solo, kamu bisa menikmatinya di Jalan Danliris Nomor 95, Puspan, Blulukan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Harga per gelas plastik ukuran sedang Es Teh Kampul sebesar Rp 4.000.

Es gempol pleret, minuman tradisional khas Solo yang menyegarkan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Es gempol pleret, minuman tradisional khas Solo yang menyegarkan.

4. Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret terkenal di Solo ini bisa kamu tempuh menggunakan sepeda motor selama 5 menit atau sekitar 1,8 Kilometer dari Stadion Manahan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com