Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Simpan 5 Sayur dan Buah Ini dalam 1 Rak Kulkas

Kompas.com - 09/11/2023, 12:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin diantara kamu tidak menyadari kalau ada beberapa jenis buah dan sayur yang tidak boleh disimpan dalam waktu yang lama secara berdekatan.

Jadi, tidak semua jenis sayur dan buah bisa disimpan dalam satu rak di kulkas yang sama agar masa simpan atau kesegarannya bisa panjang.

Dilansir dari laman Better Homes & Gardens, beberapa buah dan sayur harus disimpan secara terpisah karena kebutuhan suhu simpan yang berbeda-beda.

Seperti timun bisa bertahan sekitar 10-12 derajat celsius sementara tomat lebih suka suhu ruang.

Bukan hanya dari suhunya, tetapi beberapa jenis buah dan sayur lainnya harus disimpan terpisah karena memiliki bau tajam.

Selengkapnya, simak penjelasan seputar jenis bahan dan sayuran yang tidak seharusnya disimpan dalam satu rak kulkas yang sama.

Baca juga:

1. Timun dan pisang

Dilansir dari laman The Healthy, timun sebaiknya tidak disimpan dalam satu rak yang sama dengan tomat, pisang dan melon.

Pasalnya, ketiga jenis buah tersebut menghasilkan gas etilen. Sementara timun sangat sensitif dengan gas etilen karena bisa mempercepat pembusukkan.

Dalam laman tersebut menyebutkan, American Heart Asscociation menyarankan untuk meletakkan timun di atas meja dapur dengan suhu ruang.

2. Labu dan apel

Selanjutnya, hindari menyimpan labu dengan apel. Menurut Oregon State University di laman The Healthy, labu bisa mudah busuk, jika disimpan dengan apel dan pir matang.

Umumnya labu bisa terjaga kesegarannya di suhu sekitar 10-12 derajat celsius tetapi tidak lebih dingin dari lemari es.

Ilustrasi jamur champignon. FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Ilustrasi jamur champignon.

3. Jamur dan bawang merah atau bawang putih

Dilansir dari laman Southern Living, jamur memiliki tekstur yang berpori sehingga bisa menyerap bau dari bahan makanan di sekitarnya.

Menurut Molly Gorden, seorang Chef di South Carolina, Amerika, menyimpan jamur satu rak dengan bawang hanya akan membuat jamur kehilangan rasa otentiknya.

Simpan jamur dalam kantong kertas agar mendapatkan cita rasa terbaik saat mengolahnya.

4. Bawang bombai dan kentang

Jangan menyimpan bawang bombai dan kentang dalam satu rak yang sama karena bisa membuat kentang cepat busuk.

Sebaiknya, simpan kentang di suhu ruang dengan kondisi terbuka tidak terbungkus untuk menjaga kesegarannya.

Ilustrasi apel potong yang sudah berubah kecoklatan.SHUTTERSTOCK/Jeff Liou Ilustrasi apel potong yang sudah berubah kecoklatan.

5. Apel dan selada

Dalam laman Southern Living menjelaskan untuk menghindari cara simpan buah yang bisa mengeluarkan kandungan etilen.

Kandungan tersebut bisa membuat jenis sayur atau buah lainnya yang sensitif terhadap etilen menjadi cepat matang hingga busuk.

Daftar buah yang mengeluarkan gas etilen, seperti aplukat, apel, pisang, kiwi, tomat, dan pir. Sementara jenis sayuran yang sensitif terhadap gas etilen ada, terong, bawang, selada, timun, brokoli, hingga peach.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com