Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Sandwich dari Berbagai Negara, Pernah Coba yang Mana?

Kompas.com - 23/10/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu termasuk pencinta roti lapis isi atau sandwich? Dilansir dari beberapa sumber, ada banyak sekali jenis sandwich dari berbagai negara yang bisa kamu coba buat di rumah untuk inspirasi menu bekal atau sarapan. 

Dari yang isiannya buah-buahan, sayuran, hingga aneka jenis daging, semua bisa kamu coba bikin. Tak lupa beberapa sandwich dari berbagai negara ini menggunakan olesan saus, cream, hingga lelehan keju sebagai olesan atau penambah rasa. 

Yuk, simak jenis sandwich dari berbagai negara berikut ini dari laman Food dan The Spruce Eats.

Baca juga:

1. Bánh Mì

Bánh Mì merupakan salah satu sandwich asal Vietnam yang menggunakan roti baguette mirip khas Perancis. Hanya saja, roti yang digunakan terbuat dari campuran tepung beras dan terigu sehingga kulitnya lebih tipis dan renyah.

Isian dari roti lapis ini adalah irisan daging panggang, acar wortel, daikon, timun, dan olesan mayones.

2. Steamed Buns

Roti lapis yang satu ini berasal dari China. Rotinya menggunakan bakpao kukus atau gua bao yang lembut dengan isian daging, acar, rempah, kacang tanah tumbuk, dan saus pedas.

3. Choripan

Choripan merupakan sandwich asal Argentina yang berasal dari kata "chori" atau panggang dan "pan" atau roti kering.

Jenis sandwich yang satu ini dibuat secara tradisional dengan kombinasi irisan daging sapi dan babi. Jadi, daging ditumpuk di atas roti tawar yang sudah diolesi dengan saus chimichurri dan salsa segar.

4. Cemita

Sandwich asal Meksiko yang satu ini memiliki isian dari daging goreng, alpukat, chipotle, dan saus merah. Sebagai roti pelapisnya, umumnya menggunakan cemita dan torta yang membuatnya semakin mengenyangkan.

5. Smørrebrød

Smørrebrød adalah sandwich asal Denmark yang juga bisa ditemukan dibeberapa negara Skandinavia lainnya. Jenis sandwich ini terbuat dari isian seperti ikan, pasta daging, sayuran kemudian ditutup dengan roti mentega.

Ilustrasi toast hawaii, sandwich dengan isian nanas dan ham. DOK.SHUTTERSTOCK/Francesco83 Ilustrasi toast hawaii, sandwich dengan isian nanas dan ham.

6. Croque-monsieur

Jenis sandwich yang selanjutnya ini berasal dari negara Perancis. Dalam bahan tersebut croque-monsieur artinya, tuan renyah.

Makanan lapis ini biasa dihidangkan dan dijual di kafe dan bar Perancis kemudian dinikmati sebagai menu makanan ringan.

7. Tramezzini

Tramezzini merupakan sandwich asal Italia yang terbuat dari panini panggang yang biasa dihidangan dengan secangkir teh. Kudapan ini tidak dihidangkan dalam ukuran besar, melainkan disajikan porsi kecil yang mengenyangkan.

8. Grilled Cheese

Sandwich yang satu ini berasal dari Amerika Serikat. Isiannya dari keju yang diolesi oleh mentega di bagian luar dan dalamnya.

Olesan mentega inilah yang membuat warnanya lebih cokelat keemasan dan punya tekstur leleh yang lengket.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com