Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Makan Legendaris di Sidoarjo, Ada Rawon dan Lontong Kupang

Kompas.com - 06/10/2023, 13:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Saat berkunjung ke suatu tempat, jangan lewatkan untuk menikmati aneka menu masakan dan minuman khasnya. Termasuk saat mengunjungi Sidoarjo, Jawa Timur. 

Di sini, kamu bisa menikmati aneka menu kuliner legendaris yang sudah buka sejak puluhan tahun dengan cita rasa sama. Pilihan menu makanan ini, cocok untuk masuk dalam daftar wisata kulineranmu saat berada di Sidoarjo. 

Simak rekomendasi tempat makan enak Sidoarjo, berikut ini. 

Baca juga:

1. Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada berada di Jalan Gajah Mada, Pekauman, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Buka dari pukul 10.00-03.00 WIB.

Tempat makan malam di Sidoarjo yang pertama ini menawarkan menu rawon dengan kuah pekat penggunaan kluwek yang wangi. Ada potongan daging besar sebagai pelengkap tempe goreng.

Tak lupa, ada serundeng goreng dan perkedel yang menemani sebagai topping di sepiring rawon. Harga per porsinya mulai dari Rp 15.000.

2. Mie Gajah Mada

Mie Gajah Mada berlokasi di Jalan Gajah Mada, Gang 1, Pandean, Bulusidokare, Sidoarjo. Buka dari pukul 10.00-20.00 WIB.

Kuliner Sidoarjo yang wajib kamu coba selanjutnya ini ada puluhan menu makanan. Andalannya, ada aneka menu pangsit mi dengan porsi jumbo, harganya mulai dari Rp 10.000-27.000.

Ada pilihan topping seperti bakwan, jamur, ayam, dan sayuran yang melimpah. Selain pangsit, kamu juga bisa menikmati Mie Ayam Gajah Mada Komplit atau Pedas dengan harga Rp 31.000.

3. Kupang Lontong Pak Misari

Masih dengan menu makanan khas Sidoarjo yang wajib kamu cicipi. Kupang Lontong Pak Misari yang berlokasi di Jalan Mojopahit, Kapasan, Sidokare, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Buka dari pukul 09.30-16.00 WIB.

Kuliner berbumbu petis yang satu ini menggunakan kupang kecil, potongan lontong, lento singkong goreng, dan sate kerang pada hidangannya.

Jangan lupa untuk tambah es degan untuk menyeimbangkan rasa dari sepiring kupang. Harga per porsinya mulai dari Rp 10.000.

4. CEKER LAPINDHO ASLI

CEKER LAPINDHO ASLI berlokasi di Jalan Dr. Soetomo Nomor 12, Gajah Timur, Magersari, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Kamu termasuk pencinta menu masakan pedas? Coba mampir ke kuliner Sidoarjo yang satu ini.

Ada olahan ceker ayam dengan bumbu pedas menggigit lidah dengan harga per porsinya mulai dari Rp 16.000-20.000. Seperti ceker lapindo, ceker mentega pedas, hingga ceker balado.

5. Lesehan Joyo

Tempat makan legendaris di Sidoarjo yang selanjutnya adalah Lesehan Joyo. Lokasinya berada di Ruko Taman Pinang Indah, Jalan Raya Taman Pinang Indah Nomor 5, Banjarbendo, Sidoarjo. Buka dari pukul 09.00-21.30 WIB.

Restoran keluarga ini menawarkan puluhan pilihan makan ayam, gurame, bandeng, ikan panding, kepiting, cumi, hingga penyetan tahu tempe.

Per porsinya tergolong jumbo dengan harga mulai dari Rp 23.000-85.000.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com