Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Indonesia Kontemporer Baru di Menteng Jakarta Pusat 

Kompas.com - 04/10/2023, 16:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Bertambah lagi restoran makanan Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat. Kali ini, Ismaya Group membuka restoran makanan Indonesia kontemporer bernama Semaja. 

"Semaja ini ide dari Chef Patrick Ramon yang memang hobi keliling Indonesia dan mencicipi makanannya," kata General Manager Publicity Ismaya Renny Rengganis ditemui di Semaja, Senin (28/8/2023). 

Pengalalam Patrick berkeliling Indonesia itu tampak dari menu Semaja yang semarak, penuh pilihan makanan dari berbagai daerah. 

Menu makanan Semaja terdiri dari pilihan makanan pembuka, inti, sayuran, dan penutup.

Baca juga:

Tema kontemporer bukan hanya tampil pada desain restoran, tetapi juga pada makanan. Semaja menghadirkan makanan khas Nusantara yang kita kenal sehari-hari dengan penyajian modern. 

Misalnya pada sate maranggi, menyerupai steak ukuran dadu yang ditusuk tongkat besi berukuran besar. 

Bumbu sate yang sudah terbentuk karamel ini diberi sayuran dan acar langsung pada bagian atasnya, sehingga ketika daging digigit tekstur dan rasanya jadi semakin kaya. 

Ilustrasi Restoran Semaja di Menteng, Jakarta Pusat. Dok. Ismaya Group Ilustrasi Restoran Semaja di Menteng, Jakarta Pusat.

Ada pula donat cakalang, makanan pembuka yang rasanya mirip panada atau roti goreng khas Minahasa. Namun dari segi tampilan, roti panada yang biasanya berbentuk setengah lingkaran dijadikan bentuk bola. 

Baca juga: Resep Panada Khas Manado, Roti Goreng Isi Ikan buat Camilan

Adonan roti yang padat juga diganti jadi donat yang lebih ringan dan renyah pada luarnya. Tidak lupa permainan tekstur pada alas donat berupa tempe goreng kering dan saus cocolan yang creamy. 

Contohnya lagi pada makanan penutup, pilihan Creme Brulee Tolak Angin begitu unik dari segi pemilihan bahan. 

Creme Brulee Tolak Angin di Semaja. Kompas.com/Silvita Agmasari Creme Brulee Tolak Angin di Semaja.

Krim creme brulee yang biasanya dari karamel aroma vanila, kini diberi tambahan jamu masuk angin yang rasanya berpadu satu sama lain. 

Tidak lupa tambahan berbagai tekstur dari bahan lain seperti honeycomb toffe, sehinga dessert ini tetap punya sensasi lumer dan renyah sekaligus seperti fitrahnya. 

Apabila kamu pencinta makanan Indonesia klasik, Semaja menghadirkan rasa yang akrab di lidah tetapi dengan penyajian modern yang penuh kejutan. 

Restoran ini terdiri dari area indoor dan semi outdoor, dilengkapi dengan ruang privat.

Semaja beralamat di Jalan Gereja Theresia Nomor 41, Menteng, Jakarta Pusat. Buka pukul 11.00-13.00 WIB.  Harga makanannya mulai Rp 50.000-an.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com