Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Jajanan Bango 2023 Siap Digelar di Makassar dan Jakarta

Kompas.com - 04/10/2023, 15:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Festival Jajanan Bango (FJB) 2023 siap digelar di Jakarta dan Makassar dengan tema “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”. 

Tahun ini, FJB akan menghadirkan pengalaman multisensori bagi pengunjung untuk menikmati makanan melalui lima indra dari tekonologi yang dihadirkan. 

“Bango konsisten menjalankan misi melestarikan kuliner nusantara, salah satunya melalui pelaksanaan Festival Jajanan Bango sejak 2005," kata Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk, Ari Astuti yang akrab disapa Tutut. 

Tutut dala acara jumpa pers FJB di Kembang Goela, Jakarta, Selasa (3/10/2023) menyebutkan FJB tahun ini juga merayakan 95 tahun perjalanan Kecap Bango.

"Pengunjung bisa mengeksplorasi kelezatan aneka hidangan otentik yang disajikan oleh para legenda kuliner dari Sabang hingga Merauke, terutama yang menggunakan kecap manis atau culinary gem asli Indonesia,” lanjut Tutut.

Baca juga:

Culinary gem atau pusaka kuliner adalah cerminan sejarah, identitas, tradisi, dan kearifan lokal yang unik dan tak lekang waktu. 

Sejarawan makanan Andreas Maryoto menjelaskan bahwa kecap manis hadir di Indonesia sejak abad ke-16, hasil akulturasi saus koechiap yang dibawa pedagang China dengan gula jawa atau gula kelapa dari Nusantara. 

"Kita sudah sepatutnya bangga dengan Indonesia dan kecap manisnya, karena satu-satunya negara yang punya produk kecap manis ini," jelasnya. 

FJB 2023 akan bermula di Makassar, teparnya pada 7-8 Oktober 2023 di Parking Lot Phinisi Point. Ada 45 legenda kuliner yang hadir, 35 di antaranya berasal dari Makassar dan sekitarnya.

Festival Jajanan Bango 2023 akan kembali digelar di Jakarta tanggal 27-29 Oktober 2023 di Parkir Timur Senayan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. 

Ada lebih dari 100 legenda kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu restoran legendaris yang akan hadir adalah Sop Konro Karebosi yang buka sejak 1968. 

“Kami mengundang seluruh pecinta kuliner di Jakarta dan Makassar bergabung di Festival Jajanan Bango 2023 untuk satukan tekad melestarikan kekayaan kuliner nusantara, terutama yang menggunakan kecap," kata Tutut.

"Dengan demikian, keberadaan kecap manis dapat terus kekal sebagai culinary gem kebanggaan kita semua,” ujarnya. 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com