Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Bawang Bombai, Bisa Menjaga Kesehatan Usus

Kompas.com - 16/08/2023, 08:04 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Bawang bombai salah satu bumbu yang sering digunakan di dapur, memiliki rasa dan aroma yang membuat semakin nikmat masakan.

Bawang bombai selain menambah lezat setiap masakan juga baik bagi kesehatan tubuh, karena mengandung nutrisi yang kaya akan serat, vitamin C, B, B6, folat, dan potasium.

Kandungan nutrisi tersebut pada bawang bombai memberikan manfaat antioksidan, dapat menjaga kesehatan usus, dan antibakteri.

Simak manfaat bawang bombai yang bisa menjaga kesehatan usus, dikutip dari Healthline dan BBC Good Food , berikut selengkapnya.

Baca juga:

1. Kaya akan senyawa antioksidan

Bawang bombai sarat akan flavonoid yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi.

Bawang bombai ketika dikonsumsi secara teratur dalam jumlah cukup, dapat membantu melindungi dari penyakit kronis seperti kanker dan diabetes.

2. Mendukung kesehatan jantung

Salah satu flavonoid dalam bawang, yaitu quercetin memiliki antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu antioksidan dalam bawang bombai dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan memerangi peradangan, menurunkan kadar trigliserida, dan kolesterol.

3. Mendukung kesehatan usus

Bawang bombai mengandung banyak serat, terutama jenis yang tidak dapat dicerna, dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus.

Serat pada bawang bombai tersebut dijadikan bahan bakar bakteri pada usus untuk meningkatkan jumlah dan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang penting bagi kesehatan usus.

4. Menjaga kesehatan tulang

Sebuah studi yang dikutip dari BBC Good Food, melaporkan bahwa konsumsi bawang bombai yang sering dapat menurunkan risiko patah tulang pinggul.

Sebuah studi lanjut pada wanita paruh baya menunjukkan konsumsi jus bawang bombai mengurangi keropoos tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

5. Antibakteri

Bawang bombai dalam pengobatan tradisional untuk meredakan pilek, batuk, dan selesema.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa quercetin pada bawang bombai dapat mengurangi pertumbuhan bakteri. 

Selain itu dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri termasuk Helicobacter pylori, sejenis bakteri yang terkait dengan sakit maag, dan kanker pencernaan tertentu.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com