Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 4 Jenis Salad Thailand, Hidangan Segar untuk Bekal

Kompas.com - 10/07/2023, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bingung mau bekal apa hari ini? Coba bawa makan siang berupa salad khas Thailand. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis sayuran hingga buah sebagai isiannya.

Dirangkum dari laman Serious Eats, ada empat jenis salad Thailand yang bisa kamu buat di rumah dengan mudah. Beberapa di antaranya bisa kamu simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

1. Yam

Yam merupakan jenis salad khas Thailand yang terbuat dari ubi, daging, telur, mi, dan sayuran. Ada tambahan bumbu segar seperti daun ketumbar dan daun bawang yang ditambahkan dari potongan ubi.

Cara membuat saus salad Thailand yang satu ini dengan cara menumbuk cabai segar dalam lesung. Tambah dengan gula aren, dan tambahkan saus ikan, jeruk nipis.

Aduk sampai semuanya tercampur rata. Di sisi lain, tambahkan dengan kacang panggang atau kacang mede agar hidangan salad terasa renyah.

2. Tam

Berbeda dengan beberapa jenis salad Thailand yang lainnya, tam merupakan jenis salad yang tidak menggunakan protein sebagai bahan utama.

Kamu bisa menggunakan pepaya hijau parut sebagai bahan utama tam. Selain itu, tambahkan dengan kacang panjang dan tomat.

Tambah dengan potongan timun, jagung, terong Thailand dan bihun. Namun, umumnya salad tam menggunakan tambahan kacang panggang, udang kering, telur bebek asin, atau acar kepiting.

Ilustrasi Laab Thai.DOK.SHUTTERSTOCK/Oya.Oraya Tepa Ilustrasi Laab Thai.

3. Laab dan Nam Tok

Laab adalah salad khas Thailand yang mudah ditemukan di timur laut Thailand dan Laos. Isiannya, ada daging cincang halus yang dimasak kemudian dibumbui dengan saus.

Saus Laab umumnya terbuat dari perasan jeruk nipis, kecap ikan, dan cabai kering tumbuk kasar. Ada penggunaan rempah segar seperti mint, dan bubuk beras yang sudah disangrai.

4. Pla

Terakhir, jenis salad Thailand adalah Pla. Cara membuat pla telah mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Umumnya, terbuat dari daging sapi atau makanan laut mentah yang diiris tipis kemudian dimasak dengan asam dari jeruk nipis, bumbu segar, cabai, dan saus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com