Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kafe Estetik di Bekasi, Suasana Nyaman Serasa di Rumah Nenek

Kompas.com - 15/04/2023, 17:03 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bangunan besar di tengah perumahan tampak menarik perhatian. Tak hanya ukuran, eksterior berupa bahan dan warna di balik temboknya juga terlihat demikian.

Nama "Kalingga" terpampang di atas kanopi kain yang menempel di jendela. Ternyata, bangunan ini merupakan kedai kopi kekinian yang mengusung konsep homey. Kalingga Coffee, namanya.

Adelia Yudhasaripemilik kafe estetik di Bekasi, Jawa Barat ini, mengatakan bahwa dirinya sudah merancang Kalingga Coffee sebelum pandemi Covid-19 pada Maret 2020.

Namun, pembukaannya harus diundur hingga beberapa bulan setelahnya.

Meski demikian, hal ini bukan menjadi ide buruk bagi bisnisnya, malahan sebuah peluang karena banyak orang mencari tempat kerja baru di luar rumah kala metode work from home serempak digerakkan.

"Banyak yang bosen WFH dan cari kafe dekat rumah dan Kalingga Coffee memang dekat perumahan, tempatnya juga tidak sempit, ada ruang kosong sehingga lebih nyaman," jelas Adelia saat ditemui Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

Konsep kafe yang nyaman membuat pelanggan serasa berada di rumah, lengkap dengan kursi kayu atau sofa yang bisa menjadi pilihan alas duduk.

Hampir tiga tahun berdiri, nyatanya Kalingga Coffee tidak hanya diminati oleh penggiat work from cafe, tetapi ibu-ibu arisan yang kerap kumpul atau sekadar menyantap makanan dan segelas kopi.

Lokasi Kalingga Coffee berada di Jalan Nusa Indah Raya Nomor B 270, Jaka Setia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kalingga Coffee buka setiap Senin hingga Jumat pukul 09.00 WIB - 22.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 08.00 WIB - 22.00 WIB.

Baca juga:

Kalingga Coffee di Bekasi menyediakan pastry seperti Butter Croissant dan Almond Croissant.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Kalingga Coffee di Bekasi menyediakan pastry seperti Butter Croissant dan Almond Croissant.

Biji kopi dari petani

Bicara soal menu, kopi selalu menjadi sorotan di kafe kekinian saat ini. Kalingga Coffee juga demikian.

Sejumlah stoples isi biji kopi panggang hingga mesin espreso langsung terlihat ketika memasuki kafe ini.

Spesialnya, jenis kopi yang dijual di Kalingga Coffee merupakan produksi petani lokal yang dibeli langsung oleh Adelia.

Ada kopi berbagai daerah di Indonesia yang tersedia di Kalingga Coffee, seperti Aceh, Bali, Kerinci, Gununghalu, Sumatera, Sulawesi.

Biji kopi ini didapat langsung dan dipanggang di Kalingga Coffee. Penyangrai atau coffee roaster tersedia di sini.

"Semua warung kopi di Indonesia saya rasa memiliki menu kopi sendiri, kami juga begitu. Bahkan, es kopi gula arennya pun original gula dari petani, yang pasti, semua kopi asli roasting dan giling sendiri," ungkap Adelia.

Total 11 pegawai dimiliki Kalingga Coffee. Terbagi menjadi tim dapur, pelayan, dan lebih banyak sebagai barista serta roaster

Hasil gilingan kopinya bisa dibeli langsung di Kalingga Coffee dengan ukuran Rp 150 gram seharga Rp 60.000 dan 250 gram seharga Rp 80.000. Bisa disimpan hingga tiga bulan lamanya.

Menu kopi di Kalingga Coffee terdiri dari Single Origin, Espresso, Latte, Cappucino, Americano, Piccolo, Mocha, Machiato, Caramel Latte, Vanilla Latte, dan Kopi Aren Kalingga.

Segelas kopi panas dijual seharga Rp 22.000 hingga Rp 35.000, sementara kopi dingin dijual seharga Rp 24.000 hingga Rp 40.000.

Baca juga:

Sop Iga, salah satu menu makanan berat di Kalingga Coffee, Bekasi.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Sop Iga, salah satu menu makanan berat di Kalingga Coffee, Bekasi.

Makanan yang menarik 

Boleh jadi pelengkap kopi atau justru menu utama, beragam makanan di Kalingga Coffee terasa sayang untuk dilewatkan.

Ada sembilan menu utama seharga Rp 35.000 hingga Rp 69.000 per porsi, yakni Sop Iga, Iga Bakar, Nasi Goreng Sate Kalingga, Mie Kuah, Nasi Dori Dabu-Dabu, Mie Goreng, Fish & Chips, Tekwan, dan Ayam Bakar Bumbu Bali.

Sementara untuk makanan kecil yang cocok menjadi camilan saat bekerja, terdiri dari Sausage Platter, Chicken Wing Platter, Onion Ring, Crispy Tofu, Pisang Goreng, Tortilla Chicken, dan Cheese Burger. Harganya berkisar Rp 23.000 hingga Rp 52.000.

Khusus anak-anak, Kalingga Coffee menyediakan Kalingga Kid Meal seharga Rp 35.000. Choco Melted juga bisa menjadi pilihan menu ramah anak di sini.

Jika tak suka kopi, kamu bisa mencoba aneka smoothies, mulai dari Avocado Smoothies, Kiwi Smoothies, Taro Smoothies, hingga Cookies and Cream Smoothies seharga Rp 33.000 hingga Rp 35.000.

Belum lagi beragam pastry manis dan gurih, seperti Butter Croissant, Pain Aux Raisin, Banana Nutella Croissant, Cheese Cake Danish, Almond Croissant, dan Smoked Beef Mozarella yang tersedia seharga Rp 18.000 hingga Rp 25.000.

Penutup manis berupa es krim dengan harga Rp 35.000 bisa kamu pilih saat berada di Kalingga Coffee.

Ada Dark Chocolate, Caramel Biscoff, Cookies & Cream, Vanilla Custard, Strawberry Cheesecake, dan Strawberry Fresh Milk.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com