Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2023, 07:17 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber Foodplace

KOMPAS.com - Masak sup berbahan seafood memang jadi tantangan tersendiri, terutama bau amis yang bisa merusak cita rasa sebuah hidangan tersebut.

Jika sup seafood mengeluarkan bau amis, tandanya ada yang salah dari proses memasaknya. 

Foodplacemembagikan tips masak sup seafood supaya tetap enak dan tidak mengeluarkan bau amis, dari proses persiapan sampai akhir. Simak tipsnya.  

Baca juga:

1. Bersihkan seafood yang akan digunakan 

Sebelum dimasak, seafood wajib untuk dibersihkan terlebih dahulu. Cuci seafood menggunakan air bersih yang mengalir. Setelah itu, buang beberapa bagian tubuh seafood.

Setiap jenis seafood memiliki cara membersihkannya masing-masing. Contohnya seperti udang, kamu harus buang kotoran berbentuk tali warna hitam yang ada di punggung udang. 

Lalu, kamu bisa buang bagian kepala udang jika tidak diperlukan. Namun, jika tetap ingin menggunakannya, kamu bisa potong bagian kumisnya.

Beda hal dengan kerang, sikat bersih bagian cangkang yang sering terdapat kotoran. Sementara itu, bersihkan sisik ikan dengan bersih dan berbagai jeroannya.  

2. Beri air perasan jeruk 

Fungsi air perasan jeruk adalah untuk menghilangkan bau amis pada seafood. Kamu bisa menggunakan jeruk lemon atau jeruk nipis.

Gunakan air perasaan jeruk dan rendam sebentar seafood sampai bau amis yang menyengat itu hilang.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Seafood Ala Restoran China, Cocok untuk Bekal

3. Tambahkan rempah aromatik pada kuah sup

Penggunaan rempah aromatik penting pada sup seafood. Selain bisa menghilangkan bau amis, juga bisa menambah aromatik dan rasa yang lezat pada sup.

Beberapa rempah yang bisa ditambahkan seperti serai, jahe, daun jeruk, atau daun kemangi.

Baca juga:

4. Tambahkan air perasan jeruk pada kuah sup

Kamu juga bisa menambahkan air perasan jeruk pada kuah sup seafood supaya tidak bau amis. Selain itu, bisa juga menambah cita rasa asam segar pada sup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com