Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Gurame Goreng dengan Sayap Melebar ala Restoran Seafood

Kompas.com - 16/12/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sering pesan gurame goreng di restoran seafood? Biasanya, gurame goreng dihidangkan dengan tampilan sayap melebar di bagian badannya. 

Tampilan menu gurame goreng tersebut, bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2018) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher, ada empat cara membuat gurame goreng dengan sayap melebar mirip dengan bentuk perahu. 

Siapkan pisau tajam dan talenan bersih untuk mengolah ikan. Selain itu, bersihkan dan lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis agar baunya hilang. 

Baca juga:

1. Sayap daging mulai dari ekor

Pertama, kamu perlu menyayat daging ikan gurame mulai dari ekor hingga kepala. Jaga sayatan agar tidak putus di bagian kelapa. Lakukan pada kedua sisi ikan. 

2. Gelung tiap helai daging 

Setelah berhasil menyayat daging ikan, gelung ke arah atas dan tancapkan dengan tusuk gigi bersih. 

3. Buat lubang 

Lubangi ujung tulang, selipkan benang rami, tarik benang ke arah kepala dan insang gurame. Pastikan tulang ikan melengkung hingga ke arah kepala. 

4. Siapkan minyak panas

Goreng ikan gurame harus dengan minyak panas dan banyak. Pastikan ikan terendam dalam minyak agar hasilnya matang merata dan tidak merusak bentuknya.

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2018) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com