Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Franchise Kedai Es Krim Lokal The Uncle Dee, Berapa Modalnya?

Kompas.com - 24/01/2023, 15:10 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - The Uncle Dee Ice Cream adalah kedai es krim lokal yang buka sejak 2017 yang menawarkan model bisnis franchise atau waralaba.

The Uncle Dee Ice Cream saat ini memiliki total 39 kedai di 16 kota Indonesia, di antaranya adalah Depok, Bogor, Bekasi, Madiun, Semarang, Pekanbaru, Padang, dan Jambi.

Hingga saat ini The Uncle Dee Ice Cream masih terus berkembang dan menawarkan sistem bisnis waralabanya.

Kepada Kompas.com, Hilmi Fabriansyah, business developmment manager The Uncle Dee Ice, menyampaikan modal awal mendirikan kedai es krim lokal ini.

Pemilik modal atau franchisee perlu menyiapkan modal mulai Rp 200 jutaan. Besaran modal ini berlaku khusus selama promosi hingga pertengahan 2023.

Hilmi menyampaikan, harga kemitraan The Uncle Dee Ice normal berada di angka Rp 350 juta.

Pemilik modal akan mendapatkan peralatan lengkap untuk menunjnag penjualan, dekorasi kedai, kulkas, freezer, bahan baku, hingga promosi dari pusat.

"Jadi yang perlu disiapkan mitra itu perizinan, renovasi dasar mencakup kenaikan daya listrik, dan akomodasi untuk pengiriman aset tersebut, tergantung daerahnya," kata Hilmi saat ditemui Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Baca juga:

Uncle Latte Float The Uncle Dee Ice.KOMPAS.com/Miftahul Rizky Uncle Latte Float The Uncle Dee Ice.

Jika merasa kesulitan untuk menyiapkan hal di luar pemenuhan kebutuhan dari pusat, Hilmi mengatakan, The Uncle Dee Ice akan membantu hingga selesai.

Termasuk perizinan yang berkaitan dengan ruko milik sendiri atau sewa. The Uncle Dee Ice akan melakukan riset lokasi selama tiga hari dua malam untuk memastikan serta membantu pembukaan cabang tersebut.

"Fokusnya itu bermitra tumbuh bersama. Jadi, dari awal sudah concern soal pemilihan lokasi outlet, gak mungkin asal. Ketika bergabung, mitra itu sudah punya tim," tutur Hilmi.

Modal total untuk pembukaan satu cabang The Uncle Dee Ice diperkirakan berkisar Rp 250 jutaan hingga Rp 350 juta.

Kesepakatan pembagian hasil di akhir penjualan bersih menggunakan persentase 65 untuk mitra dan 35 persen untuk perusahaan pusat.

Mitra akan mendapat pasokan bahan baku secara rutin, kontrol penuh dari pusat, pembaharuan menu, hingga promosi oleh tim The Uncle Dee Ice.

Menu The Uncle Dee Ice saat ini terdiri dari Dizzy Ice, Waffle Talk, Twist Crunchy, Sun Java, You Cute, Uncle Soda Float, Uncle Latte Float, serta aneka pilihan topping, seperti Oreo Crumbs, Choco Lava, Choco Crunch, dan Lovely Strawbery.

Harga es krim di The Uncle Dee Ice berkisar Rp 8.000 hingga Rp 22.000.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com