Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Masak Paha Ayam yang Bisa Bikin Dagingnya Alot

Kompas.com - 07/01/2023, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu bagian ayam yang banyak diolah menjadi aneka masakan adalah pada ayam. Beberapa hidangan mungkin menggunakan dua bagian paha ayam yaitu atas dan bawah.

Kalau kamu sedang berencana untuk mengolah paha ayam di rumah, simak sederet kesalahan yang sering kali dilakukan pada saat memasaknya.

Dilansir dari berbagai sumber, penjelasan seputar kesalahan dalam memasak paha ayam ini bisa kamu hindari agar hasilnya maksimal enak dan membuatnya mudah diolah dengan berbagai bahan.

Baca juga:

1. Pakai paha ayam tanpa tulang dan kulit

Dilansir dari laman Bon Appetit, walau ayam dengan tulang memiliki harga yang murah tetapi waktu mengolahnya mungkin saja lama.

Namun, justru tulang pada pada ayam bisa menambah cita rasa. Sumsum yang keluar dari dalam tulang bisa keluar dan menjadikannya bumbu kaldu alami dari ayam.

2. Cuci ayam dengan air

Ditambahkan dari laman CDC, mencuci ayam bisa membuat cairan daging mentah menyebar ke peralatan dapur.

Sebaiknya hindari, bakteri bisa hilang jika ayam dimasak dengan suhu yang tepat dan stabil.

Ilustrasi paha ayam saus pedas untuk makan malamPIXABAY/THE LIFESTYLE MODE Ilustrasi paha ayam saus pedas untuk makan malam

3. Tidak mengeringkan kulit ayam

Kamu bisa menaburkan garam untuk menarik kembaban dari kulit. Cara ini bisa membuat kulit menjadi kering tetapi bagian dagingnya masih juicy.

4. Paha ayam beku langsung dipanggang

Dilansir dari laman Eat This, Not That!, menaruh paha ayam yang masih beku di atas wajan panas bisa membuat hasilnya tidak matang sempurna.

Jadi lebih baik untuk membiarkan paha ayam mencair di atas meja selama 45 menit sebelum dimasak. Walau membutuhkan kesebaran lebih tetapi hasil olahan paha ayam akan terasa enak.

5. Masak paha ayam dalam jumlah banyak di satu panci

Beberapa orang mungkin akan berpikir kalau memasak paha ayam dalam jumlah banyak di satu panci akan menghemat waktu. Hal tersebut tidak salah.

Hanya saya, daging ayam yang dimasak dalam jumlah banyak akan membuatnya mengeluarkan banyak cairan di dalam panci.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com