Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Warna Cake Pucat atau Gosong, Gula Terlalu Sedikit

Kompas.com - 20/11/2022, 12:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum membuat aneka cake atau roti, ada baiknya untuk mengetahui kegagalan umum saat membuatnya agar hasilnya berhasil. 

Salah satu penyebab kegagalan pada saat membuat cake adalah takaran bahan yang kurang tepat atau penggunaan bahan yang salah. Hal tersebut bisa memengaruhi tekstur hingga warna pada cake. 

Dalam buku "Kunci Sukses Pengolahan Adonan Cake" (2019) oleh Suryati Sufiat penerbit Syiah Kuala University Press, simak penyebab warna cake tidak cantik seperti pucat atau gosong berikut ini. 

Baca juga:

1. Lama waktu memanggang yang terlalu lama

Proses panggang adonan cake yang terlalu lama bisa mengakibatkan kue memiliki warna gelap terutama pada bagian dasarnya. 

Kamu bisa menghindari warna cake menjadi tidak menarik dengan cara mengurangi waktu pembakaran dan menambah suhu oven. 

2. Oven bagian bawah terlalu lama

Pembakaran yang berlebihan di bagian dasar cake bisa mengakibatkan kehilangan warna pada adonan roti. Kamu bisa menghindarinya dengan cara mengatur panas di bagian dasar oven. 

Selain itu, kamu juga bisa melapisi kertas pada bagian bawah cake. 

3. Warna cake terlalu pucat 

Salah satu penyebab warna cake terlalu pucat adalah penggunaan gula yang terlalu sedikit. Ada baiknya untuk mengikuti resep cake yang sudah teruji dan menggunakan takaran bahan yang disarankan. 

Buku "Kunci Sukses Pengolahan Adonan Cake" (2019) oleh Suryati Sufiat penerbit Syiah Kuala University Press bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com