Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Bentuk Kue Kering, Pakai Sendok atau Pulung dengan Tangan

Kompas.com - 04/11/2022, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat kue kering untuk akhir pekan nanti di rumah? Kamu perlu mengetahui beberapa tips membentuk kue kering dengan atau tanpa alat. 

Salah satu metode membentuk kue kering adalah dengan menggunakan tangan. Lebih jauh mengulik seputar cara bikin kue kering, simak penjelasan seputarnya hanya di Majalah Saji / ED 462 APR 2020 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

1. Adonan disendokkan 

Cara bentuk kue kering yang pertama adalah dengan menggunakan sendok. Cara ini hanya bisa dilakukan pada adonan kue yang lembek sehingga tidak bisa digiling atau dicetak. 

Metodenya dengan menggunakan dua sendok kemudian ambil adonan dan bentuk. Selain sendok, kamu juga bisa menggunakan scoop es krim. 

2. Adonan dicetak 

Ada beberapa adonan kue kering yang perlu cetakan khusus seperti kue bentuk bunga. Jika, kamu akan membuat kue dengan cetakan, kamu perlu menjaga adonan agar tidak kering atau keras. 

Hal tersebut agar adonan tidak mudah hancur atau retak saat dicetak. 

3. Adonan disemprotkan 

Adonan yang disemprotkan punya nama lain dalam dunia kuliner yaitu Pipe Cookies. Caranya cukup mudah, hanya perlu menyiapkan piping bag dan spuit. 

Masukkan adonan yang lembek ke dalam plastik, gunting ujung plastik, pasang spuit dan semprotkan. Bentuk sesuai selera, bisa lingkaran, atau bertumpuk seperti bunga. 

Ilustrasi sagu keju, kue kering yang dibuat dari tepung sagu. SHUTTERSTOCK/Ika Dianawati Ilustrasi sagu keju, kue kering yang dibuat dari tepung sagu.

4. Adonan dipulung

Kamu juga bisa membentuk kue kering tanpa cetakan. Caranya pulung adonan seperti membuat nastar. 

Namun, memulung adonan kue harus cepar agar mentega di dalamnya tidak mencair. 

5. Adonan dipotong persegi panjang 

Adonan kue yang dibentuk dengan bentuk persegi panjang ini dinamakan dengan Bar Cookies. Biasanya, adonan dimasukkan ke dalam loyang kemudian dipotong persegi panjang atau kotak. 

Setelah itu, kue dipanggang hingga setengah matang. Adonan kemudian dibentuk kembali dan dioven hingga matang agar lebih sempurna. 

Baca juga:

6. Adonan dibekukan 

Adonan kue kering juga ada yang dibekkukan kemudian diiris tipis dan dipanggang. Cara ini bisa dilakukan saat membuat kue kering dengan motif. 

Hal ini agar adonan kue menjadi keras dan mudah dibentuk. 

Majalah Saji / ED 462 APR 2020 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com