Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan Masak Tomat, Tidak Pakai pisau yang Tepat

Kompas.com - 10/09/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Tomat merupakan bahan masakan yang bisa ditambahkan ke segala hidangan, seperti sop, tumisan, hingga menu masakan yang dibakar.

Cara mengolah tomat sebetulnya mudah, tetapi sebagian orang terkadang melakukan kesalahan yang membuat tomat tak lagi segar saat dihidangkan.

Oleh karena itu, simak kesalahan memasak tomat yang sebaiknya kamu hindari.

Baca juga:

1. Tidak menggunakan pisau yang benar

Dilansir dari laman All Recipes, ada beberapa jenis pisau yang baik untuk digunakan saat memotong tomat. Salah satunya adalah penggunaan pisau bergerigi kecil.

Sebagian orang mungkin pernah merasa tergesa-gesa saat mempersiapkan tomat. Tak jarang ada yang menggunakan pisau roti yang mana bisa membuat tomat hancur dan airnya keluar berantakan.

2. Tidak menggunakan baking soda pada saus tomat

Kalau anda sedang membuat saus tomat di rumah, jangan lupa untuk menambahkan baking soda. Dilansir dari laman The Spruce Eats, menambahkan soda kue ke dalam saus bisa mengurangi rasa asam dan bisa membuat tekstur saus tomat menjadi lebih enak.

3. Tidak membuang bijinya

Dilansir dari PureWow, laman tersebut menjelaskan kalau tomat yang diolah tanpa menghilangkan bijinya bisa membuatnya lebih berair dan lengket.

Kalau sudah begitu, tekstur dan kesegaran tomat secara perlahan akan menghilang.

4. Tidak menggunakan banyak rempah

Pada saat akan membuat sup tomat atau sup merah, ada baiknya untuk menggunakan banyak rempah untuk memaksimalkan cita rasa dari hidangan.

5. Peralatan masak yang salah

Kesalahan dalam memasak tomat yang selanjutnya adalah memasak tomat dengan panci reaktif. Jenis panci ini bisa melepaskan atom logam yang mana saat dipanaskan bisa mengubah warna bahkan rasa dari bahan masakan itu sendiri.

Lebih baik gunakan panci non reaktif seperti panci kaca atau keramik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com