Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPPOM MUI Halal Award 2022, Ini 8 Perusahaan Makanan dan Minuman yang Menang

Kompas.com - 03/08/2022, 16:07 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menggelar Halal Award 2022 pada Kamis (7/7/2022).

Halal Award merupakan bentuk apresiasi LPPOM MUI kepada seluruh perusahaan bersertifikat halal yang telah mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal (SJH) atau yang saat ini dikenal dengan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) dengan sangat baik.

Ketua MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal, Drs. K.H Sholahuddin Al Aiyub, M.Si. menyampaikan bahwa industri sebagai pilar penting akan mendorong pemenuhan akan kebutuhan halal.

“Acara ini memotivasi kepatuhan perusahaan pada nilai halal, terutama pada aspek sertifikasinya. Dengan menerapkan prinsip halal, maka akan menambah kebaikan dan industri pun terus berkembang, karena merupakan bagian dari keberkahan,” kata Kiai Aiyub, seperti dikutip rilis yang diterima Kompas.com.

Sementara award atau penghargaan dinilai sebagai brand value yang berefek pada promosi, penjualan, serta peningkatan motivasi karyawan, seperti disampaikan Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center, Dr. H. Sapta Nirwandar, S.E. 

Penentuan pemenang LPPOM MUI Halal Award 2022 dilakukan komite penilai independen dengan mengedepankan asas objektivitas dan suportivitas.

Selengkapnya, simak daftar perusahaan makanan dan minuman yang memenangi LPPOM MUI Halal Award 2022 berikut ini.

Baca juga:

Pengumuman peraih anugerah LPPOM MUI Halal Award 2022 diselenggarakan pada 7 Juli 2022 di IPB International Convention Center, BogorDOK. LPPOM MUI Pengumuman peraih anugerah LPPOM MUI Halal Award 2022 diselenggarakan pada 7 Juli 2022 di IPB International Convention Center, Bogor

1. Best of HAS Implementation

Best of HAS Implementation atau kategori implementasi Halal Assurance System (HAS) terbaik dibagi menjadi delapan subkategori. Tiga di antaranya merupakan perusahaan makanan.

Tiga subkategori tersebut adalah Abattoir, Restaurant, dan Small & Medium Enterprise.

Subkategori Abattoir dimenangkan oleh PT. Sreeya Sewu Indonesia Tbk. Perusahaan ini bergerak di bidang usaha peternakan ayam bibit induk yang fokus pada pemotongan dan pengolahan ayam.

Subkategori Restaurant dimenangi oleh PT. Bumi Berkah Boga yang menanungi kedai kopi ternama di Indonesia, Kopi Kenangan.

Subcategory Small & Medium Enterprise dimenangi oleh CV. Kaf Bogarasa, usaha kemitraan makanan berupa ayam goreng.

2. Best Newcomer of Halal Certified Company

Lima perusahaan memenangi kategori Best Newcomer of Halal Certified Company. Dua di antaranya merupakan perusahaan makanan dan minuman.

Subkategori Restaurant dimenangi oleh PT. Pelepas Dahaga Indonesia yang menangungi perusahaan minuman boba asal Taiwan, Xing Fu Tang.

Subkategori Overseas Company dimenangkan oleh Pepsi-Cola (Thai) Trading Co., Ltd. yang memproduksi aneka camilan dan minuman soda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com