Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Gunakan Tahini untuk Masakan yang Lebih Umami

Kompas.com - 23/12/2021, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Tahini merupakan saus dari biji wijen yang bisa kamu temukan di seporsi makanan dari kawasan Mediterania, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Tekstur dan warna dari tahini mirip dengan peanut butter. Rasa dari tahini adalah gurih dengan sedikit rasa khas kacang-kacangan.

Dalam penjelasan berikut, ada delapan cara gunakan saus tahini untuk berbagai masakan, seperti yang dilansir pada laman Serious Eats.

Baca juga: Cara Masak Saus Keju Cheddar 4 Bahan buat Cocolan Ayam Goreng

1. Tahini sebagai saus cocolan

Kamu bisa menggunakan tahini sebagai saus cocolan untuk aneka camilan ringan seperti keripik kentang. Tambahkan dengan air perasan jeruk nipis, garam, merica, dan saus pedas untuk rasa yang lebih nikmat.

2. Oleskan tahini pada roti bakar

Kamu bisa mengoleskan tahini pada roti tawar yang akan dibakar. Kamu bisa tambahkan dengan sedikit madu dan sirup agave untuk menyeimbangkan rasa.

3. Percikkan tahini pada sandwich

Kalau kamu ingin menikmati menu salad atau sandwich dengan sayuran mentah menyegarkan. Tambahkan dengan percikkan tahini.

Sebelumnya, cairkan tahini dengan beberapa sendok air panas dan air perasan lemon. Percikkan pada salad atau sandwich.

Baca juga: 5 Saus untuk Gnocchi, Saus Keju Gorgonzola yang Paling Sering Digunakan

4. Gunakan sebagai saus salad

Ada cara membuat saus salad menggunakan tahini. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir tahini dan setengah cangkir minyak zaitun.

Tambahkan dengan dua sendok teh cuka apel, dua sendok teh air perasan lemon, dan dua sendok teh jahe yang dihaluskan. Campurkan semua bahan dan gunakan sebagai saus salad.

5. Gunakan untuk memberikan rasa pada burger

Kamu bisa mengoleskan tahini pada daging isian burger. Gunakan dengan sedikit tambahan air perasan jeruk nipis dan paprika bakar. Oleskan pada isian burger.

Kamu bisa menambahkan keju feta dan potongan timun untuk menghadirkan rasa ala Mediterania yang khas.

6. Aduk dalam sop

Tahini bisa kamu gunakan sebagai bahan penyedap untuk membuat sop. Tahini bisa menghadirkan rasa sop yang lebih umami dan membuat kuahnya menjadi sedikit kental.

Baca juga: Apa Itu Saus Sriracha, Saus yang Identik dengan Kuliner Thailand?

7. Bahan membuat baba ghanoush

Kamu bisa menggunakan tahini sebagai bahan membuat baba ghanoush. Masakan ini mirip dengan hummus dengan tekstur yang lembut.

Caranya adalah panggang terong di oven hingga lembut. Setelah itu, tambahkan dengan dua sendok makan tahini, bawang putih yang digeprek, air perasan jeruk nipis, garam, dan merica.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com