Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2021, 21:06 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Membuat kue tidak hanya memakai bahan utama. Ada beberapa bahan yang perlu ditambahkan agar hasilnya lembut. Salah satunya yakni cream of tartar atau krim tartar.

Krim tartar umum digunakan sebagai bahan tambahan pada resep kue yang dipanggang. Khususnya kue yang menggunakan putih telur. 

Baca juga:

Sebetulnya apa itu cream of tartar? Mengutip dari beberapa sumber berikut uraian singkatnya.

Mengenal cream of tartar

Melansir dari "Seri Penganan Jadul Tetap Favorit: Bolu & Cake" oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, cream of tartar adalah garam potasium dari asam tartar yang diperoleh sebagai hasil sampingan wine

Bahan ini umum digunakan sebagai tambahan pada beberapa resep kue. Walau bernama krim, tapi bentuk cream of tartar bukanlah krim, melainkan seperti bubuk tepung. 

Ilustrasi cream of tartar atau krim tartar, salah satu bahan pelembut kue. SHUTTERSTOCK/ Michelle Lee Photography Ilustrasi cream of tartar atau krim tartar, salah satu bahan pelembut kue.

Mengutip dari The Kitchn, kegunaan cream of tartar cukup beragam. Selain dipakai untuk membuat kue, cream of tartar pun dapat digunakan untuk membersihkan dapur.

 

Dalam resep kue sendiri, cream of tartar bisa menstabilkan putih telur yang sedang dikocok.

Baca juga:

Penambahan krim tartar dapat membuat putih telur lebih 'kuat' serta volume busanya lebih banyak. Tak hanya itu, warna putih telur pun tetap cerah dan teksturnya lebih lembut.

Berkat kegunaan tersebut, krim tartar kerap digunakan untuk membuat meringue atau kue yang memakai banyak putih telur. 

Lebih jauh, cream of tartar sering ditambahkan pada kue yang dipanggang karena pada membantu mengaktifkan soda kue alkali.

Bahkan krim tartar yang dicampur dengan soda kue dapat menjadi pengganti baking powder.

Baca juga: Trik Membuat Meringue, Busa Manis dari Putih Telur

Beberapa resep kue yang perlu ditambahkan cream of tartar adalah chiffon cake, marmer cake, hingga bolu putih telur. Namun penggunaannya dapat disesuaikan dengan resep kue yang dibuat. 

Buku "Seri Penganan Jadul Tetap Favorit: Bolu & Cake" oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com