Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memulai Usaha Baso Aci, Saran dari Pengusaha Baso Aci

Kompas.com - 09/10/2021, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin memulai sebuah usaha tetapi bingung usaha apa? Kamu bisa mencoba peluang memulai berjualan baso aci.

Baso aci kian tren dan diminati semua kalangan karena isiannya yang melimpah, cita rasa kuah kaldu yang lezat, serta variasi aci yang mengiurkan.

Baca juga: Cara Membuat Bakso Aci Kuah Pedas yang Tidak Alot

Salah satu brand besar baso aci yang mana outletnya sudah bisa kamu temukan di daerahmu adalah Baso Aci Akang. Brand baso aci ini dirintis sendiri oleh Mokhammad Dandi Sepsaditri pada tahun 2018.

Dandi, sapaannya, sudah memiliki lebih dari 100 outlet baso aci yang tersebar di Indonesia. Bukan hanya baso aci saja, Dandi juga memiliki usaha lainnya sepeti Toko Kopi Pasar Lama dan Iga Kokoji.

Baca juga: 8 Bakso Aci Enak dan Populer di Bandung, Harganya Murah Mulai Rp 15.000

Melirik perjalanan bisnis baso aci milik Dandi yang sukses hingga bisa mempekerjakan 1.000 karyawan, ia tidak pelit membagikan tips memulai usaha baso aci bagi pemula kepada Kompas.com pada Kamis (07/10/2021).

Catat dan ikuti tips memulai usaha baso aci berikut ini. Ilmu penting yang bisa kamu terapkan saat memulai usaha.

1. Melakukan diferensiasi usaha

Salah satu menu pilihan baso aci di Basi Aci Akang.DOK.INSTAGRAM/BASO ACI AKANG Salah satu menu pilihan baso aci di Basi Aci Akang.

Menurut Dandi yang paling penting dari sebuah usaha adalah diferensiasi.

Pasalnya, adanya pembeda usaha yang akan kita rintis dengan usaha milik orang lain bisa menjadi ciri khas dan daya tarik.

“Kalau mau usaha baso aci, carilah diferensiasi baso aci milikmu dengan baso aci yang lain. Kalau di kita, diferensiasinya seperti isian lebih komplit, trus kuahnya banyak, dari adonan acinya juga nggak alot.” kata Dandi.

Baca juga: 7 Kedai Bakso Aci Enak di Bogor, Harga Murah Mulai Rp 10.000

2. Penentuan lokasi

Salah satu menu baso aci kemasan di Baso Aci Akang.DOK.INSTAGRAM/BASO ACI AKANG Salah satu menu baso aci kemasan di Baso Aci Akang.

Menentukan lokasi yang tepat menjadi salah satu kunci untuk membuka usaha baso aci yang dikenal banyak orang. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh para calon pembeli.

“Dulu awalnya baso aci akang pertama kali lokasinya kurang ya. Di dalam komplek begitu. Itu karena penentuan lokasi menentukan prestasi ya.” ujar Dandi kepada Kompas.com.

Baca juga: Resep Bakso Aci Kuah Pedas Mercon, Bisa untuk Jualan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com